Selasa, 07 Maret 2017

Tips Merawat Laptop Agar Tahan Lama 5 Tahun Lebih | Dijamin Bisa

Tips merawat laptop sebagian banyak yang disepelekan ataupun dilupakan saat laptop anda sudah berusia 6 bulanan. Memang sih kebiasaan merawat laptop sejak pertama kali beli berbeda dengan saat usia laptop diatas 6 bulan, benar bukan?

Yups sebenarnya hal ini memang harus diperhatikan juga, meskipun laptop kita terlihat aus dan tidak mengkilap seperti sediakala, alangkah baiknya tetap dirawat karena laptop itulah salah satu sumber teknologi yang menemani tugas kita.



Harga laptop memang semakin hari semakin murah, bahkan kita dapat membelinya dengan harga 1 jutaan saja, berbeda dengan jaman dahulu yang berkisar harga 5 juta keatas karena pada jaman dahulu pengguna terbesar adalah personal komputer saja.


Meskipun harga laptop murah, tetap saja perawatan adalah nomor 1 karena bila tidak pandai merawat mungkin dalam 1 tahun saja laptop bisa bermasalah. Salah satu yang paling rentan adalah baterai drop, tidak bisa mengisi, corrupt time (berkurangnya daya tahan baterai). Padahal laptop dibuat untuk mobilitas tinggi, bagaimana dengan yang suka mengerjakan tugas diluar ruangan, bila baterai tersebut mengalami masalah? Tentu akan merepotkan penggunannya.


 

7 Penyebab Umur Laptop Sangat Pendek Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Melakukan Perawatan


Memang semua jenis laptop yang kita beli pasti memiliki umur, entah itu satu tahun, dua tahun ataupun puluhan tahun karena semua perangkat elektronik juga memiliki set pabrik kapan rusaknya. Contoh yang paling sering banyak diketahui adalah baterai laptop, di dalam cell cell baterai tersebut akan memiliki massa rusak baik itu tidak digunakan sekalipun maupun digunakan berkali kali. Kerusakan baterai biasanya cenderung pada kebocoran ataupun cell yang mengering karena sudah waktunya.


Ada 7 hal yang harus anda ketahui, apa saja yang menyebabkan laptop berumur pendek :


1. Seringnya Bermain Game



Ingat!, laptop bukanlah personal komputer. Dimana laptop memiliki sirkulasi udara yang rendah dari pada PC, hal ini dipengaruhi oleh beberapa kasus seperti bentuk casing PC lebih luas dari pada laptop, Fan PC lebih kencang dan lebih banyak di setiap tiap suduh, kebanyakan prosesor laptop tidak memiliki kipas yang diletakan langsung di atasnya dan masih banyak lagi.


Lantas apa hubungannya dengan game? Game merupakan sebuah aplikasi permainan yang membutuhkan daya 80% lebih banyak dan peningkatan kinerja 3x lipat seperti VGA, prosesor, memory dan sebagainya yang berimbas pada tingkat suhu masing masing komponen yang biasa ditandai dengan panas. Pasti semua gamers mengetahui hal ini, namun tidak tahu resiko apa yang terjadi kedepan bila mengalami overheat terus menerus.


Beberapa resiko diantaranya adalah penurunan prosesor, memory, VGA, Baterai dan berimbas pada rusak total. Penurunan kinerja seringnya trobel memberikan isyarat bahwa laptop sudah berumur pendek dan tidak dapat digunakan dalam selang waktu yang lama. Sebaiknya bila hal terjadi demikian, data dipindah terlebih dahulu karena sewaktu waktu laptop bisa saja mengalami rusak total.

Bila anda menyukai game, sebaiknya anda membeli sebuah personal komputer saja. Kelebihan personal komputer tak hanya dari segi sirkulasi saja melainkan komponen yang tertancap secara terpisah berupa card atau chip. Contoh saja, beberapa laptop mengalami kerusakan VGA harus mengganti laptop yang baru atau kalau perlu laptop sejenis yang ditumbalkan. Berbeda dengan personal komputer yang dapat membeli VGA Card dengan merk apapun tanpa harus merk yang sama.



2. Menggunakan Laptop Di Kasur, Dibawah Bantal, ataupun Guling


Benda benda diatas adalah sebagian contoh yang dapat menyebabkan sirkulasi laptop terhambat dan mengendap di bawah. Salah satu yang dapat menyebabkan overheat dan kerusakan komponen motherboard ini sering ditemui oleh kalangan remaja skripsi, yang rentan mengerjakan di bawah alas kasur tanpa adanya alas keras.



Bila anda menyukai mengerjakan tugas di kasur, bantal sebaiknya beli meja portable yang banyak dijual di toko toko komputer atau bisa juga dengan memberikan alas tambahan yang keras contoh buku dan kayu.




3. Menggunakan Program Berat Dalam Jangka Waktu Yang Lama Tanpa Spesifikasi Yang Mendukung


Kebanyakan para pengguna laptop sering mengacuhkan spesifikasi yang dimilikinya, bila diibaratkan laptop yang hanya bisa berjalan, anda gunakan untuk berlari kencang. Apakah anda tahu dampaknya?


Dampak resiko yang paling besar adalah rusaknya motherboard, VGA dan prosesor. Beberapa indikasi yang menandakan bahwa laptop anda sudah tidak kuat adalah hang, panas, blue screen, dan restart.


Program yang berat memang dapat membuat laptop anda bekerja secara maksimal, overheat, process task manager juga akan meningkat. Seiring dengan peningkatan tersebut juga menyebabkan laptop anda menjadi panas dan dapat merusak komponen lainnya. beberapa aplikasi yang cenderung berat diantara seperti Rendering 3D dari program 3D Max, Adobe Flash dan masih banyak lagi.


Untuk mengatasi hal ini setidaknya harus upgrade memory ataupun fan. Namun bila tidak mencukupi System Requiment Software terhadap laptop sebaiknya belilah laptop baru ataupun merakit personal komputer saja.



4. Jangan Meninggalkan Laptop Dalam Keadaan Menyala Hingga Seharian Penuh


Nah penyebab menurunnya kinerja laptop salah satunya adalah tidak diberikan jeda mati atau istirahat. Sering kali hal ini terjadi pada pengguna pria, mereka selalu menghidupkan laptop walaupun ditinggalkan hingga berjam jam, lantaran pekerjaannya belum selesai ataupun juga karena proses penghidupan laptop memakan waktu yang lama.


Terkadang laptop sering kali hanya ditutup layarnya saja dan standby, mereka menganggap bahwa laptop yang standby dapat dianggap sebagai waktu beristirahat dan meredam suhu panasnya. Memang anggapan itu benar, namun asupan listrik tetap ada dan beberapa komponen tidak 100% mati. Contoh saja adalah baterai, USB power, processor dan masih banyak lagi.


Bila hal ini anda terus menerus anda lakukan, resiko terbesarnya adalah baterai anda sering Corrupt Time , yang semula bisa bertahan 3 jam semakin hari hanya dapat bertahan 1 – 2 jam bahkan bisa berkurang dengan seriing waktu. Sebaiknya simpan data data anda terlebih dahulu dan matikan laptop total agar memberikan jeda untuk mendinginkan suhu sekaligus untuk beristirahat.




5. Jangan Menginstall Sistem Operasi Yang Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Perangkat Anda



Point nomor 5 ini hampir sama dengan point 3, tak bisa dipungkiri sistem operasi memang kian hari semakin maju. Dahulu windows xp dikalangan sekolah sudah sangat maju sekali, berbagai versi XP 2, xp black edition, vista dan masih banyak lagi. Namun kian hari juga banyak yang meninggalkannya lantaran banyak bug bug dan tidak support terhadap beberapa aplikasi tertentu.


Nah sebagai pengguna laptop yang memiliki spesifikasi rendah, usahakan jangan memaksakan menginstall sistem operasi yang tidak mampu untuk dijalankannya. Akibatnya pun bukan hanya merusak komponen ataupun overheat saja, melainkan laptop tersebut akan mengalami lag serta patah patah terus menerus ketika sedang mengerjakan sesuatu. Tak luput juga sering mengalami bluescreen.




6. Hentikan Pemakaian Bila Sambaran Petir (Kecuali Menggunakan Baterai)


Semua orang pasti mengetahui keberadaan petir sangat berbahaya bagi komputer ataupun laptop anda. Beberapa laptop pasti ada yang hangus karena sambaran tegangan listrik dari petir, dan beberapa pengguna PC juga paling banyak mengalami hal ini terutama persewaan rental warnet.


Ada beberapa laptop yang cenderung tidak ada apa apa, namun sebulan kemudian di diagnosis mengalami kerusakan motherboard. Pemicunya adalah tegangan listrik yang masuk melalui adaptor melebihi batas maksimal diterimanya, dan bau gosong adalah salah satu indikasi yang mudah diketahuinya.


Sebaiknya ketika petir menyambar, cabutlah arus listrik dengan demikian laptop anda akan aman dari sambaran petir karena menggunakan daya baterai.




7. Merokok Di Atas Laptop


Tanpa disadari rokok adalah musuh besar keyboard, kotoran puing puing tembakau terbakar dapat menyelinap di laptop atau body. Bila hal ini anda biarkan, dapat memberikan timbunan untuk sirkulasi di laptop.

Beberapa contoh sederhana dapat anda saksikan di warnet warnet terdekat, betapa kotornya keyboard dan bagaimana kerusakannya. Itu baru saja keyboard, bagaimana dengan keyboard yang menyatu di dalam body laptop? Tentu akan membuat rontokan rokok masuk ke dalam dan harus di bongkar. Bila anda biarkan timbunan tersebut dapat mengakibatkan sirkulasi fan terhambat dan pada akhirnya membuat overheat.





Bagaimana Cara Merawat Laptop Yang Baik Dan Benar ?

Sebenarnya merawat laptop adalah hal yang paling mudah, namun susah untuk dilakukannya. Beberapa diantaranya adalah malas dan lupa. Padahal dengan merawat laptop setiap hari, anda sudah memberikan tiket kepada perangkat anda untuk berumur panjang dan tidak rewel pada saat pemakaian.

Berikut ini 4 cara mudah merawat laptop ampuh :



1. Bersihkan Laptop Setiap Hari Rutin di Bagian Luarnya Saja.


Membersihkan laptop memang menjadi suatu kerutinan tersendiri, memang untuk pertama kali membeli laptop kita semua rajin untuk membersihkannya, namun setelah beberapa bulan kemudian laptop tersebut jarang dibersihkan lantaran sudah tidak mulus lagi. Nah dari sinilah laptop sering bermasalah.

Beberapa kasus laptop jarang dibersihkan dapat berdampak panas, hal ini disebabkan karena butiran debu yang masuk ke dalam keyboard juga masuk ke dalam motherboard. Tak heran juga debu yang menumpuk ini akan menghambat sirkulasi laptop anda.

Cara membersihkan rutin sangatlah sederhana, belilah kuas kecil untuk membersihkan debu di body body laptop dan layar. Untuk pembersihan menggunakan cairan, bisa dilakukan 1 kali seminggu, mudah bukan? harga cairan pembersih laptop juga tidak terlalu mahal yaitu 40 – 50 ribu rupiah saja dan dipakai 3 – 6 bulan.



2. Merawat Baterai Biar Tahan Lama


Untuk merawat baterai biar tahan lama adalah jarang dipakai. Bila anda berada di rumah, sebaiknya copot baterai tersebut dan laptop sambungkan ke arus listrik secara langsung. Ada beberapa pertanyaan “apakah tidak apa apa langsung di colokan ke listrik?”


Jawabannya adalah aman dan tidak akan merusak komponen laptop anda karena di dalam charger sudah dilengkapi pengatur daya masuk dan keluar hal ini sama saja dengan charger handphone yang semula 220 volt di ubah menjadi 5 volt yang masuk ke dalam handphone. Namun hal yang perlu di perhatikan adalah ketika ada petir yang menyambar silahkan gunakan baterai, karena pada saat itu kemungkinan besar adaptor anda sudah gosong dan langsung menyambar motherboard anda.


Jarang digunakannya baterai laptop, juga memperpanjang umur dan ketahanan baterai. Yang semula 3 jam mungkin 1 tahun kemudian masih dapat bertahan 1 – 2 jam. Berbeda bila digunakan terus menerus, yang satu tahun kemudian hanya bisa digunakan 30 menit saja.



3. Belilah Fans Netbook Cooler


Dengan membeli fan cooler, anda dapat membantu laptop untuk mendinginkan suhu yang di dalamya. Memang laptop bukanlah personal komputer yang dapat di pasang fan di sisi sisi casing, maka cara utamanya adalah dengan memberikan suhu dingin di bawah laptop, agar membantu mendorong udara panas di dalam.



4. Maintenance 3 – 4 Bulan Di Service Center


Maintenance yang dimaksud adalah cleaning atau pembersihan debu yang menyangkut di dalam fan ataupun motherboard. Biaya yang dikeluarkan pun sangat murah sekali, berkisar 3- 50 ribu saja dan pengerjaan memakan waktu maksimal 5 jam saja.

Anda dapat berkunjung di tempat service terdekat untuk meminta bantuan membersihkan debu debu laptop.





Kesimpulan :
Semakin anda sering merawat laptop, semakin pula umur laptop semakin panjang. Nilai jual pun juga tidak turun drastis karena laptop masih dapat bekerja secara normal. Bila anda repot melakukan diatas, silahkan lakukan secara rutin membersihkan debu laptop dengan kuas, dengan demikian mengurangi debu menyelip di body laptop.

0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^