Sabtu, 18 Maret 2017

5 Cara Membersihkan Perangkat Komputer Dengan Teknologi 2017

Cara membersihkan perangkat komputer ataupun laptop memang harus dilakukan setiap debu sudah cukup terlalu banyak. Pembersihan juga dilakukan karena untuk menjaga umur perangkatnya agar tetap berjalan secara optimal dan jangka panjang.

Cara Membersihkan Perangkat Komputer Dengan Teknologi 2017
Cara Membersihkan Perangkat Komputer Dengan Teknologi 2017


Apa sih Penyebabnya Bila Debu Tidak Dibersihkan?

Nah mungkin juga ini banyak simpang siur mengenai debu, katanya sih bisa bikin rusak atau bikin berisik. Yups semua pernyataan pernyataan ini tidaklah salah. Debu merupakan kotoran yang kecil dan bisa menumpuk keras yang tidak bisa dibersihkan hanya ditiup saja (kalau sudah mengeras). Dari mana berasalnya debu itu?


Tentu dari kamar anda, pernahkan anda melihat putih putih yang beterbangan ketika sinar matahari menyinari jendela anda? bila pernah melihatnya, itulah kotoran terbanyak yang masuk ke laptop melalui sirkulasi, celah dan keybord (pengguna laptop).


Beberapa penyebab bila debu dibiarkan adalah merusak fan atau kipas, yang berujung pada fatal komponen lain. Seperti rusaknya motherboard, prosesor dan komponen komponen lain karena mengalami overheat yang terlalu tinggi.
Indikasi awalnya saat debu sudah mulai banyak adalah :
  1. Suara kipas fan berisik
  2. Panas di body juga dapat anda rasakan terutama laptop
  3. Restart sendiri tanpa penyebab yang pasti
  4. Sering hang, padahal baru di install sistem operasi yang baru (fresh)
  5. Dan masih banyak indikasi awal lain

Bila hal ini terjadi, hal yang pertama anda lakukan adalah “jangan gunakan komputer/laptop sementara waktu”, resikonya pun juga sangat besar karena dapat menyambar komponen sekitarnya.



Bagaimana Cara Membersihkan Perangkat Komputer Anda?

Nah, mungkin dari beberapa orang sangat ketakutan membersihkan komputer yang dimilikinya seperti tidak bisa mengembalikan atau takut ada apa apa. Untuk pengguna personal komputer, pembersihannya juga sangat mudah dibandingkan dengan laptop.


Berikut ini cara membersihkan komputer yang aman bagi orang awam :
  1. Bongkar casing-nya saja, pasti bisa kan?
  2. Kendorkan Baut atau mur casing diletakan di pinggir penutup, cobalah untuk ambil obeng untuk melepaskan bautnya.
  3.  
  4. Nyalakan compressor dan semprot (Dijamin Debu Bersih)
  5. Bila anda tidak punya compressor, bisa membawa ke tukang bengkel dan disemprot angin di sana

 

 

5 Teknologi 2017 Ini Dapat Membantu Anda Untuk Membersihkan Debu Kotoran Di Laptop ataupun PC Anda.


Mungkin 10 teknologi yang disebutkan dibawah ini dapat membantu pembersihan debu di laptop ataupun PC, penggunaannya juga praktis, simple dan harganya pun sangat terjangkau sekali.
Berikut ini diantaranya :


1. Taffware Cooler Cold Universal
Taffware Cara Membersihkan Perangkat Komputer Dengan Teknologi 2017
Taffware Cara Membersihkan Perangkat Komputer Dengan Teknologi 2017

Merupakan teknologi pendingin yang bisa di bilang canggih di era tahun 2017, harganya juga sangat terjangkau. Taffware mampu menyedot debu dan udara panas yang ada di dalam laptop dan mengeluarkannya keluar. Teknologi ini sengaja dirancang menggunakan sistem vakum bertenaga tinggi berbentuk kecil dan tenaga 5 volt atau setara dengan charger handphone.


Cara menggunakannya cukup simple yaitu diletakkan di celah laptop yang berfungsi untuk mengeluarkan suhu panas. Dengan meletakan Taffware cooler setiap pemakaian, anda sudah dapat mengeluarkan debu setiap hari dengan mudah, tidak repot repot lagi dan tidak perlu membongkarnya. Harga yang ditawarkan berkisar 40.000 hingga 100.000 tergantung lokasi penjualan masing masing






2. Gel Pembersih Debu Keyboard


Peralatan ini juga baru muncul di awal tahun 2017 dan cukup juga banyak orang yang membelinya. Harganya cukup terjangkau sekali yaitu Rp 8.500 / pcs saja. Dengan menggunakan gel ini, sisa dan butiran rokok dapat terangkat sempurna tanpa perlu bersusah payar meniup niup ataupun mengkuasnya.


Cara pengguannya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan gel di atas permukaan tombol keyboard dan sedikit tekanan maka gel tersebut akan masuk ke dalam sela secara otomatis. Tunggu hingga 2 menit saja dan angkatlah, sisa kotoran yang sulit dihilangkan sudah terangkat dengan mudah.


3. Vakum Mini Cleaner Dan Kuas Lengkap


Mungkin ini bukan tergolong teknologi yang baru, namun kerap kali mendapat predikat penjualan teknologi best seller. Memang sih, vakum ini sangat murah namun disisi murahnya juga tidak mengecewakan. Banyak kotoran debu yang dapat terangkat oleh vacum cleaner mini ini.


Cara penggunaannya cukup sederhana yaitu dengan menghidupkan ON dan sedot pada bagian yang memiliki debu kotoran seperti keyboard, body laptop, di dalam casing, sela sela RAM, prosesor, fan / kipas dan masih banyak lagi. Tersedia juga dalam variasi bentuk yang lucu dan akan tetap terus dikembangkan.


4. Screen Egg (Pembersih Layar Berbentuk Telur)

Pembersih layar berupa telur ini juga lagi trend di tahun 2017, memiliki dua bagian sisi diantaranya sisi 1 dapat mengangkat sidik jari yang tertempel pada layar serta noda noda lain dan sisi 2 dapat digunakan sebagai mengangkat debu maupun kotoran dengan mudah tanpa perlu cairan apapun.


Tak hanya digunakan di layar laptop ataupun monitor saja, pemakaiannya juga dapat digunakan di layar layar lain seperti smartphone, tablet dan sebagainya. Desian unik yang banyak disukai dan mudah dibawa kemana mana dan sangat cocok bila laptop anda berada pada pemakaian mobile (kampus, sekolah, cafe dan sebagainya) yang rentan banyak terkena debu.

5. Mini Blower

Mengingat debu merupakan kotoran yang cukup banyak dan sangat susah dihilangkan dengan menggunakan alat kuas saja, mini blower telah hadir di kalangan masyarakat. banyak sekali merk merk mini blower, salah satunya adalah Richu.


Richu adalah salah satu peralatan blower yang memiliki keunggulan di speed power hingga 13.000 Rpm sangat cocok digunakan untuk meniup debu secara tuntas hingga kesela sela, bahkan bila di cobakan untuk mengeringkan bulu kucing bisa selesai hingga 5 menit saja. Harga mini blower juga sangat murah dari 120 ribu hingga 500 ribu tergantung merk dan speed.




Kesimpulan :
Mengingat komputer dan laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan, maka tak heran debu adalah musuh utamanya. Penanganan kebersihan setiap saat juga mampu membuat umur perangkat anda menjadi lebih panjang dan tidak mudah rusak. Setidaknya lakukan kebersihan itu setiap 30 hari sekali maksimal 6 bulan sekali.


Namun  bila digunakan sebagai personal komputer warnet, kebersihan sebaiknya dilakukan setiap 5 hari sekali. Pengguna atau user warnet terkadang tidak peduli dengan perangkat yang anda miliki dan seolah user bebas melakukan apa saja seperti membuat debu dari batang rokok. Untuk mempersingkat kebersihan, bisa menggunakan mini blower setiap kali maintenance pembersihan.
Sekian semoga bermanfaat, salam by incaralaptop





























0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^