Minggu, 27 November 2016

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang Windows

Cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang? Apa bisa? tentu bisa kok. Banyak alternatif lain sebelum melakukan instalasi ulang, sebenarnya install ulang windows adalah cara terakhir dalam memulihkan sebuah kerusakan sistem operasi, namun hal ini di salah kaprah kan oleh kalangan non IT bahwa install ulang adalah salah satu cara untuk mengatasi laptop lambat.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang
Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang


Memang dalam kenyataannya laptop yang anda beli dahulu pasti memiliki performa yang sangat berbeda di saat ini. Perlu diketahui bahwa semakin laptop anda digunakan, maka semakin pula cepat melemah komponen yang tertempel di motherboard. Namun jangan berkecil dahulu karena banyak sekali solusi, sebelum mengganti laptop ataupun menginstall laptop ke sistem operasi yang baru.

 

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Sebelum ke tahap menginstall ulang windows, alangkah sebaiknya anda mencoba 7 cara di bawah ini :
1. Hapus File Temporary Drive C
Apa itu file temporary ? temporary adalah file bekas penggunaan baik dari browsing, mengetik, mengunduh, menginstall software dan sebagainya. File ini memang berbentuk seperti aneh dan tidak bisa di baca pada umumnya karena pada dasarnya file temporary berguna untuk memulihkan suatu dokumen yang tertutup dengan paksa dan hilang.



Apa file temporary sangat berguna? Tentu tidak. File temporary umumnya bila tidak di hapus akan mengakibatkan pembengkakan pada hardisk, bahkan bisa ber Giga – Giga. Anda bisa mengeceknya sendiri melalui :
  • Start - > tuliskan %temp%
  • Lihat seberapa besar ukurannya lalu hapus semua

2. Menambah Memory / RAM
Mengapa harus menambahkan ram? Padahal install ulang saja sudah cukup bukan? bila anda menganggap install ulang adalah solusinya maka anda salah. Laptop yang anda gunakan semakin lemot bukan menandakan rusak, melainkan kekurangan memory untuk membaca program yang anda jalankan.

 Menambahkan RAM - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang
 Menambahkan RAM - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Jadi percuma saja anda install ulang windows, bila program yang anda install terlalu banyak sehingga memberatkan memory dalam membacanya. Maka solusi utamanya adalah menambahkan memory bila program yang anda install terlalu banyak.


3. Menghapus Beberapa Program
Bila anda tidak cukup uang untuk menambahkan memory, sebaiknya hapus sebagian program yang tidak terlalu dipakai. Semakin sedikit program semakin pula kinerja laptop semakin cepat. Tidak hanya pada software saja yang anda cek, melainkan game adalah salah satu penyebab laptop menjadi lambat.

Uninstall Program - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang
Uninstall Program - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang



4. Terkena Virus
Nah ini adalah salah satu penyebab laptop menjadi sangat lemot, memang terkena virus jalan salah satunya adalah menginstall ulang windows, namun bila anda cukup kuat membersihkannya juga bisa. beberapa hal yang harus anda kenal untuk mengatasi hal tersebut yaitu sistem registry, cmd dan msconfig, banyak juga teknisi komputer yang bisa menggunakan ilmu ini untuk membersihkan virus akan tetapi disisi teknisi tidak ingin ribet sehingga selalu menyarankan kepada costomer – nya untuk install ulang.

Terkena Virus - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang
Terkena Virus - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang




5. Space Hardisk Terlalu Sedikit
Bukan RAM saja yang diperhatikan, setidaknya hardisk memiliki space kosong 10GB agar hardisk anda selalu awet untuk dipakai. Beberapa masalah yang timbul pada hardisk bila spacenya sedikit yaitu :
  • Hardisk susah untuk defragmentasi
  • Timbulnya bad sector
  • Selalu ada peringatan hardisk low space
  • Kinerja RPM – nya semakin menurun
Space Hardisk Kurang - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang
Space Hardisk Kurang - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang



6. Laptop / PC Terlalu Panas
Hardware overheat sering kali dialami oleh hardisk, motherboard, prosesor, RAM dan VGA. Pada umumnya hardware yang mengalami panas berlebih akan menyebabkan komputer menjadi hang / lag dan kemudian restart sendiri. Untuk itu pastikan sirkulasi pada CPU / Laptop anda berjalan dengan baik, kita tidak bisa menggunakan kipas dari luar untuk membantu sirkulasi PC agar dingin karena kipas dari dalam adalah yang paling utama. Untuk pengguna laptop anda bisa merasakan bahwa kipas anda mulai mengalami gangguan dengan cara mengetik selama 5 menit, bila jari – jari anda sakit karena panas yang ditembuskan ke dinding casing laptop menandakan bahwa laptop anda sedang mengalami gangguan pada fan (kipas angin). Bila anda biarkan kemungkinan hardware – hardware akan mengalami kerusakan yang lebih parah.


Overheat Laptop - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang
Overheat Laptop - Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang




7. Banyak Aplikasi Yang Berjalan Sendiri
Anda dapat mematikan program yang tidak ingin berjalan otomatis ketika masuk ke dalam windows melalui msconfig startup. Berikut ini langkahnya :
  • Klik Windows -> Run -> Msconfig -> Startup -> Uncheck program yang tidak diperlukan
 

Semoga bermanfaat by - incaralaptop

0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^