Sabtu, 25 Maret 2017

Apa Saja Aplikasi Untuk Laptop Standar Agar Tidak Lemot


Aplikasi atau software untuk laptop baru selalu menjadi banyak perbincangan terutama yang baru memiliki sebuah perangkat komputer baru. Keinginan mengisi program ini dan itu tentu sangat banyak sekali, berbagai aplikasi yang tidak penting pun turut ikut di installnya juga. Padahal menginstall aplikasi di komputer bukan hanya dilihat dari hardisk saja melainkan spesifikasi lainnya seperti RAM.


Menginstall aplikasi pada laptop baru terutama yang masih kosong harus diperhatikan pada sisi softwarenya, karena saat ini di tahun 2017, banyak aplikasi komputer yang sengaja di inputkan sebuah virus. Untuk mengenalinya sangat mudah yaitu dilihat dari sisi pengembang aplikasi, bila kredibilitas kurang menyakinkan bisa jadi pengembang tersebut ingin merusak komputer anda. entah itu hanya sebuah keyloger untuk mencuri username, password akun anda atau virus yang mempromosikan harus membeli sebuah produk tertentu.



7 Aplikasi Rekomendasi Untuk Laptop Baru Dan Masih Kosong

Nah bagi yang memiliki laptop baru, setidaknya install beberapa aplikasi penting saja dan aplikasi keamanan file dari penyerangan virus. Berikut ini beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan dari berbagai pihak pengembang yang aman dan tidak mengandung unsur iklan ataupun virus :


1. Avast Anti Virus

Sebuah aplikasi yang pertama kali anda install adalah avast antivirus. Mengapa harus antivirus terlebih dahulu? Karena dengan menginstall aplikasi antivirus pertama kali dapat menjadi menjadi pelindung terhadap data data hardisk anda, bahkan sebelum masuk ke hardisk sudah otomatis di peringatan, bahwa sebuah file yang anda copy sudah terinfeksi virus. Untuk aplikasi untuk laptop yang saya rekomendasikan adalah Avast karena akan memberikan notifikasi secara otomatis ketika membuka atau mencopy sebuah file ke laptop anda.


Setelah terdeteksi, hal yang pertama anda lakukan adalah menekan tombol detail apakah ingin dibebaskan, dibiarkan, dikarantina atau ingin dihapus. Tak hanya itu, antivirus ini juga memiliki sisi kelebihan pada saat anda berselancar di internet, memberikan keamanan yang sama. Bila sebuah situs mengandung phising virus maka akan muncul bunyi “ting ting ting” dengan tampilan yang sama seperti diatas.


2. Google Chrome, Opera Dan Firefox

Dari ketiga aplikasi untuk laptop baru yang saya rekomendasikan adalah opera dan google chrome. Mengapa demikian? Karena google chrome dan opera sangat cepat untuk pengoperasiannya, berbeda dengan firefox yang cenderung patah patah dan hang. Penyebabnya bukan spesifikasi laptop anda melainkan memang dari pihak pengembang browser-nya. Silahkan nanti dibandingkan sendiri, akan tampak jelas perbedaannya.





3. Microsoft Office 2017 atau Microsoft Office 2010


Aplikasi untuk laptop baru yang wajib di install adalah microsoft office, karena aplikasi tersebut paling sering digunakan oleh pelajar ataupun pekerjaan apapun. Alasan mengapa merekomendasikan office 2017 atau seterusnya karena versi tersebut  sudah bisa membaca file file dokumen dari librari office atau pengetikan dari pihak aplikasi lain contoh odt.


Dengan menginstall office 2017 atau seterusnya akan memberikan keuntungan pada anda pada tampilan yang bagus, tidak flat bagi yang hobi mengetik. Beberapa fitur versi 2017 juga memiliki keunggulan dari menu menu yang lengkap cocok digunakan untuk yang sedang membuat skripsi.


4. Winrar


Aplikasi untuk laptop yang paling sering digunakan juga adalah winrar, tanpa adanya aplikasi ini akan membuat anda kesusahan dalam mengekstrak file file unduhan. Contoh saja .rar , gzip, tar, zip dan masih banyak lagi.



4. Adobe Reader


Adobe reader adalah sebuah aplikasi yang harus wajib ada di laptop anda. Beberapa file dokumen yang bertebaran di internet maupun file di sekolah anda sangat bervariasi, terkadang berbentuk *.doc, *.ppt dan pdf. Nah untuk membaca sebuah file dokumen *.pdf diperlukan sebuah aplikasi yang bernama adobe reader dan sudah dipercaya oleh semua kalangan sebagai pemutar filenya.




5. Media Player Classic


Media player classic adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk memutar file multimedia. Bagi yang menyukai hobi nonton film drama korea, atau film film lain dapat menggunakan media player classic. Beberapa keunggulan dari aplikasi tersebut yaitu dapat memutar file dari segala jenis ekstensi yang beredar di internet seperti *.wmv, *3GP, *.MP4 dan masih banyak lagi.


Sebenarnya player multimedia sudah terinstall secara otomatis dari pihak windows corporation, namun terkadang aplikasi windows  yang bernama “Windows Media Player” tidak bisa memutar film dengan ekstensi tertentu seperti *3GP karena belum di update.




5. Winamp Atau AIMP


Aplikasi standar yang wajib di install dalam sebuah laptop baru adalah pemutar music, siapa sih yang tidak ingin memutar musik apapun di laptop barunya? Tentu tidak ada bukan. pemutar music merupakan sebuah aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar file berjenis *.mp3, *.wav dan masih banyak lagi. Ringtone handphone juga termasuk file music.

Winamp adalah salah satu sebuah aplikasi memutar yang paling legend, paling dikenal bahkan aplikasi keluaran pertama yang menjadi trend dahulu hingga sekarang. Namun winamp juga memiliki aplikasi pesaing ketat salah satunya adalah AIMP.

AIMP memang hampir mirip seperti winamp, dan memiliki kelebihan pada desain tampilan bawaan yang trend seperti para musical keren. AIMP sangat ringan, dan memiliki fitur pengatur bass dan lain lain.



6. Adobe Photoshop Atau Corel Draw (Optional Pilih Salah Satu Yang Anda Bisa)

Editor foto merupakan sebuah aplikasi standar laptop yang harus ada dan kegunaannya sangat penting ketika ingin memanipulasi menjadi gambar yang menurut kita bagus. Dengan adanya editor foto memungkinkan pengguna untuk menggambar, mencerahkan foto, menambah obyek, mengedit bagian tertentu dan masih banyak lagi.

Nah bagi anda yang masih awam dengan editor foto sebaiknya gunakan adobe photoshop, namun bagi yang sudah ahli dengan permainan pixel pixel sebuah foto bisa langsung menggunakan Corel Draw.



7. Internet Download Manager


Aplikasi laptop standar yang menjadi trend di kalangan anak muda adalah Internet Download Manager. Banyak yang menganggap bahwa aplikasi tersebut dapat mempercepat 10x lipat lebih kecepatan mengunduh / download file dari internet, dan memang jawabannya adalah benar. Namun dengan kriteria bahwa koneksi internet yang anda pasang di setting bebas bandwith untuk penggunanya.


Dengan internet download manager, anda memiliki fitur yang dapat men – stop unduhan dan meneruskan kapan saja yang anda mau. Tak hanya itu, internet download manager juga menyediakan tampilan list download yang begitu rapi dan enak dibaca.









Kesimpulan :
Nah itulah beberapa aplikasi untuk laptop standar agar tidak berlebihan dalam menginstall di komputer. Setidaknya 7 aplikasi diatas sudah dapat digunakan untuk bekerja secara optimal terutama di kalangan pelajar sekolah.


Berlebihan menginstall juga harus diperhatikan, karena bila sampai over juga mengakibatkan beberapa kejadian yang tidak diinginkan seperti hang, cookies banyak yang tidak bisa di hapus, blue screen, lemot dan masih banyak lagi. Bila hal ini sering terjadi di laptop, maka siap atau tidak harus di install ulang dan beberapa data akan hilang. Sekian semoga bermanfaat, salam by incaralaptop

0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^