Selasa, 14 Maret 2017

Cara Mempercepat Performa Komputer No Omong Doang Win 7/8/10

Cara Mempercepat Performa Komputer
Cara Mempercepat Performa Komputer


Cara mempercepat performa komputer tentu sudah banyak sekali informasi yang beredar di internet. Namun yang jadi pertanyaannya adalah “Apakah itu benar?” atau Cuma sekedar pengisi konten di blog saja?

Nah kali ini, saya akan share bagaimana cara meningkatkan performa komputer yang “REAL” dan hasilnya nyata. Banyak rekan IT yang mengeluh karena laptop dan PC nya sangat lambat, padahal jika dilihat komputernya memiliki spesifikasi yang tinggi. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi?




Laptop Baru, Sudah Di Upgrade Namun Tetap Lemot... Ini Yang Harus Diketahui [Penting!!]
Perbedaan Windows 32 dan 64 bit - Cara Mempercepat Performa Komputer
Perbedaan Windows 32 dan 64 bit - Cara Mempercepat Performa Komputer


Yuk kita ulas terlebih dahulu, terutama sistem operasi keluaran microsoft seperti windows 7, 8 dan 10.


Bila kita berbicara windows pasti memiliki dua jenis dalam satu versi, “Apa itu?


Windows 7 memiliki dua jenis yaitu windows 7 32 bit dan windows 7 64 bit, tak hanya itu windows 8 dan 10 juga memiliki kaitan demikian. Pengaruhnya ini sangat sangat besar, bila tidak anda ketahui sebelumnya terutama pengguna laptop dan gaming.


Windows 7 32 bit memang sengaja dikeluarkan oleh microsoft untuk laptop / PC yang memiliki spesifikasi rendah dan MAKSIMAL MEMORI ADALAH 4 GB. Apa ini maksudnya? Jadi meskipun anda memiliki laptop yang anda upgrade hingga 16GB sekalipun, akan tetap terbaca 4GB.


Banyak juga rekan rekan pengguna laptop yang tidak menyadari hal ini, di upgrade hingga 8GB, 12 GB namun hasil yang terbaca hanya 4GB dan tidak memiliki efek apa – apa dan hal yang disalahkan adalah memory yang dibelinya palsu ataupun KW. Silahkan cek sendiri menggunakan klik kanan -> My Computer -> Properties. Atau untuk lebih detail dan akurat bisa menggunakan aplikasi CPU – Z, ukuran +- 1MB yang dapat di unduh disini http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html



Lantas Bagaimana Yang Versi 64 Bit?

Windows dengan versi 64 bit merupakan produk yang direkomendasikan untuk laptop ataupun personal komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Nah bila spesifikasi laptop yang anda punya sudah mencukupi, setidaknya install windows 64 bit. Memory yang terdeteksi sesuai dengan yang tertancap, semisal 8GB maka akan terdeteksi 8GB.

Inilah faktor utama yang mempengaruhi laptop anda sudah di upgrade namun yang terdekti tidak sesuai.


Setting Tambahan Khusus Untuk Pengguna Laptop Windows 7/8/10

Sebelum tahap mempercepat performa, ada setingan khusus untuk laptop dan PC. Pada set default setelah tahap instalasi sistem operasi adalah power saver, dimana setingan ini dapat menghemat daya tahan baterai selama penggunaan laptop. 

Silahkan rubah ke high performance ataupun balance, dengan demikian laptop lebih mengutamakan tingkat performance dari pada daya tahan baterai. Beberapa akibat setelah merubah setingan ini adalah daya baterai cepat habis, karena laptop membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk bekerja secara optimal.

Klik control panel -> Hardware and Sound -> Power Options


 

5 Langkah Mempercepat Performa Komputer dan Laptop 100% Tweak Berlaku Hanya Windows Versi 64 Bit Saja



Bila laptop atau personal komputer anda masih 32 bit juga bisa mencobanya tapi saya tidak menjamin bisa berhasil  100%. Bagi yang 64 bit, mari ikuti langkah di bawah ini :


1. Minimalisir Efek Mode
Silahkan masuk control panel -> System and Security -> System -> klik menu sebelah kiri “advanced system settings” -> klik menu Performance -> Klik Tab Visual Effects


Ada dua settingan pada kali ini, yang pertama adalah “setting for best formance” yang berarti tampilan di setting jelek namun performance terhadap software sangat baik. Tapi bagi yang menyukai tampilan desktop tetap bagus bisa mengikuti di bawah ini :


Pilih option Custom

Centang yang saya sebutkan :
  • - animation in the taskbar
  • - save taskbar thumbnail previews
  • - Show shadows under mouse pointer
  • - Show shadows under  windows
  • - Show thumbnails instead of icons
  • - Show translucent selection rectangle
  • - Show window contents while dragging
  • - Slide open combo boxes
  • - Smoth edges of screen fonts
  • - Smooth-scroll list boxes
  • - Use drop shadows for icon labels on the desktop

Bila anda bingung, silahkan lihat video di bawah :




 
2. Menonaktifkan Paging File Windows

Apa itu page file atau paging file? Bila anda masih belum tahu, ketahuilah ini sangat penting karena dapat memakan memori RAM cukup besar padahal anda sendiri tidak butuh.


Page file secara default terletak di C:\pagefile.sys biasanya di hidden, ingat jangan sekali kali menghapus file tersebut karena dapat mengakibatkan windows menjadi rusak.


Paging file bisa diibaratkan seperti jalan tol yang lebar namun harus berjalan dengan kecepatan maksimal 120 meter/jam sedangkan hardisk seperti jalan tol besar namun hanya berjalan maksimal 60 meter/jam. Apa itu maksud demikian?


Secara perancangan komputer dan laptop, menggunakan RAM sebagai tempat penyimpanan file cache atau file yang berhubungan dengan proses kinerja contoh sederhana adalah ketika anda menonton youtube dari awal hingga akhir dan kemudian hari ingin menonton, maka kecepatan streamingnya sangat berbeda atau lebih cepat dari pada menonton di awal, padahal menggunakan modem yang sama. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa cache tersimpan di RAM.


Setelah di RAM penuh yang secara defaultnya di manage oleh system, maka data tersebut akan kembali di lempar ke hardisk, namun untuk melempar ke hardisk harus memenuhi kriteria yang dianggap penuh oleh system. Maka dari itu cobalah untuk mematikan page file.


Cara mematikan page file :

Silahkan masuk control panel -> System and Security -> System -> klik menu sebelah kiri “advanced system settings” -> klik menu Performance -> Klik Tab Advanced -> Klik Change

Silahkan lihat video ini bila bingung :




Catatan Mengenai Page File :

Ada beberapa orang page file itu sangat penting, hal ini memang wajar karena sebagian orang membutuhkan page file untuk bekerja sleep and standby, dalam artian pekerjaan kantor seperti mengetik biasanya rentan menggunakan paging file untuk menyimpan secara otomatis ketika listrik padam. Bila anda tipe ini sebaiknya nyalakan saja system manage page file agar lebih cepat penyimpanannya, namun bila anda tipe gaming dan tipe yang tidak membutuhkan hal hal yang berkaitan dengan demikian sebaiknya matikan saja.


3. Matikan System Protection
Apa itu system protection? System protection sebenarnya adalah produk windows memberikan pelayanan backup secara otomatis dan banyak memakan memori serta hardisk. Padahal pada kenyataannya windows rusak, kebanyakan anda install ulang. Benar bukan?


Bahkan lebih parahnya, meskipun anda berhasil merestore ketika windows anda rusak, tidak 100% Full kembali seperti sedia kala hanya beberapa settingan saja yang kembali seperti semula. Sebaiknya fitur seperti ini dimatikan saja dan tidak berguna sama sekali.


Silahkan masuk control panel -> System and Security -> System -> klik menu sebelah kiri “advanced system settings” -> System Protection -> Klik configure -> Delete terlebih dahulu bila ada system restorenya lalu pilih Disable system protection.


Anda juga tidak perlu takut menghapusnya karena saya jamin 100% windows anda tidak akan rusak ataupun kendala lainnya. system protection adalah file backup yang tidak berguna sama sekali.




4. Ubah Change UAC Settings
Apa itu UAC setting? UAC setting biasa digunakan untuk menanyakan kepada user (anda) mengenai program yang akan di jalankan. biasanya ditandai dengan jawaban YES or NO. Contoh sederhana terkadang anda membuka sebuah program seperti regedit, winamp, media player dan lain sebagainya di munculkan layar gelap dan meminta user memilih YES OR NO, itulah UAC. Contoh gambarnya seperti ini :



Silahkan matikan saja, karena terkadang mengganggu pekerjaan karena sistem meminta persetujuan sebelum menjalankan sesuatu.


Untuk mematikannya sangat mudah :
Klik tombol keyboard secara bersamaan “windows + R” -> ketik “msconnfig” -> klik tab Tools -> Klik “change UAC Setting” lalu klik Launch -> Tarik Kebawah (Never Notify) -> Klik OK






5. Ready Boost
Mungkin sebagian orang sudah mengetahui cara mempercepat performa komputer dengan modal minim. Menjadikan flashdisk sebagai RAM adalah fitur yang dimiliki fitur dari windows 7 hingga generasi selanjutnya 8 / 10 dst.


Hal yang perlu diketahui adalah, ketika anda mengaktifkan fitur ini secara otomatis flashdisk anda akan terformat dan kemungkinan besar hanya bisa digunakan sebagai RAM sekunder saja.


Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Ready Boost
  • - Dilarang mencabut selama pemakaian komputer dan diperbolehkan mencabut setelah menonaktifkan (Do not use the device) atau mematikan komputer.
  • - Usahakan menumbalkan flashdisk yang bagus bukan KW yang rentan lambat dalam membacanya.

Langkah yang perlu dilakukan dalam membuat Ready Boost :
  • 1. Masukan flashdisk
  • 2. Format terlebih dahulu flashdisknya
  • 3. Klik kanan –> properties pada flashdisk
  • 4. Pilih Tab ReadyBoost
  • 5. Pilih Option “Use this device”
  • 6. Atur memori virtual yang anda perlukan.

Bila bingung silahkan lihat cuplikan video kami :







Kesimpulan :
Yang terpenting sebelum mempercepat performa komputer adalah menambahkan memori RAM terlebih dahulu. Dengan mengorbankan uang untuk upgrade maka hasil yang didapat juga tidak akan sia sia. Cara diatas adalah cara untuk membuka kunci untuk laptop ataupun PC bekerja secara optimal, namun disisi lain juga harus didukung dengan hardware yang sesuai.


Sekian semoga bermanfaat, salam by incaralaptop


0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^