Sabtu, 11 Maret 2017

Data Komputer Definisi Pengertian dan Jenis Jenisnya

Data komputer apa sih itu? tanpa anda sadari pertanyaan jenis ini sering kali muncul di kalangan masyarakat luas baik itu disekolah dan dirumah terutama yang baru mengenal komputer.
Nah kali ini, pengertian data komputer kita akan bahas secara singkat namun detail.

Data Komputer Definisi Pengertian dan Jenis Jenisnya
Data Komputer Definisi Pengertian dan Jenis Jenisnya

Apa itu data komputer ?

Data komputer menurut definisi para pakar adalah informasi yang diolah oleh perangkat keras yang mewakili angka, symbol, text, karakter, gambar, suara, dan menghasilkan sesuatu yang dapat diterjemahkan oleh manusia.


Untuk definisi definisi lain tentu sangat banyak, namun untuk pengertian data yang paling mudah adalah sebuah informasi yang diolah oleh aplikasi komputer ataupun laptop yang nantinya akan menghasilkan sebuah karya entah itu animasi, dokumen yang dicetak, foto dan masih banyak lagi.


Nah gimana? Apa masing bingung? Bila anda bingung silahkan komen dibawah.

Setelah anda mengenal definisi data, selanjutnya “Bagaimana penyimpanan data?”


Apa Tempat Untuk Menyimpan Data dan Bagaimana Menyimpannya?


Kalau berbicara tempat menyimpan data hingga tahun ini 2017, tentu sangat banyak sekali dan beberapa tempat penyimpan sudah banyak ditinggalkannya. Berikut ini macam macam tempat penyimpanan :


1. Disket

Disket merupakan tempat penyimpanan yang paling kuno, entah masih ada atau tidak di toko toko komputer. Namun alangkah baiknya kita mencoba mengulasnya. Disket merupakan sebuah perangkat yang berbentuk kotak dan tipis dan hanya bisa menyimpan maksimal data 1.3 MB saja. Untuk cara menyimpannya dibutuhkan perangkat floppy disk yang terpasang di CPU.


Disket mulai lama mulai juga ditinggalkan, bahkan apalagi di jaman era teknologi saat ini. laptop pun sudah tidak ada lagi fasilitas floppy disk karena sudah dianggap barang kuno yang tidak bisa memuat penyimpanan tugas tugas besar. Foto anda pun saya jamin lebih besar dari 2MB kan? Gimana mau menyimpan banyak foto dan satu foto saja sudah berkuran 5 MB lebih.


Bentuk disket dan perangkat yang digunakan untuk menyimpannya :

Disket - Data Komputer Definisi Pengertian dan Jenis Jenisnya
Disket - Data Komputer Definisi Pengertian dan Jenis Jenisnya



2. CD ROM

CD ROM adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berbentuk piring dan ditengahnya terdapat lubang. Kapasitas penyimpanan data memang cukup besar, maksimal 700 MB dan dapat memuat ratusan foto dan beberapa file lainnya. ada dua jenis CD ROM diantaranya adalah CD-R biasa dan CD RW. Perbedaannya adalah CD-R hanya untuk menyimpan saja sedangkan CD RW dapat menyimpan, menambah dan menghapus data.


CD ROM juga memiliki istilah lain yaitu CD Piringan, untuk di era saat ini perangkat penyimpanan ini masih digunakan dan ada beberapa kalangan yang meninggalkannya.


Beberapa kelemahan CD ROM diantaranya :
  1. Ukuran bendanya terlalu besar dan mudah patah
  2. Ribet dalam melakukan penyimpanan data
  3. Hanya bisa menyimpan sekali untuk tipe CD-R sedangkan CD RW dapat menyimpan data maksimal 10 kali, untuk diatas 10 kali dapat menyebabkan piringan CD sangat sulit dibaca
Nah untuk perangkat menyimpannya juga memiliki nama yang sama yaitu CD ROM, berikut ini gambar CD-R dan CD ROM.

CD ROM - Data Komputer Definisi Pengertian dan Jenis Jenisnya
CD ROM - Data Komputer Definisi Pengertian dan Jenis Jenisnya




3. DVD Rom

DVD rom merupakan sebuah perangkat penyimpanan yang mirip dengan CD-ROM namun berbeda kapasitasnya saja. Kalau DVD ROM rata – rata bisa menyimpan 4GB hingga 16 GB, untuk prinsip penyimpanannya juga sama yaitu membutuhkan perangkat DVD ROM. Istilah lain DVD ROM adalah DVD-R atau piringan, bila hendak membeli perangkat ini di toko komputer.


DVD ROM memiliki 2 jenis yaitu DVD – R dan DVD RW, prinsipnya sama DVD-R hanya bisa menambahkan sedangkan DVD RW bisa menghapus, menambahkan dan mengedit datanya.
Beberapa kelemahan diantaranya :
  1. Ribet dalam menambahkan data karena harus melewati proses burning terlebih dahulu
  2. Mudah patah
  3. Harus ada perangkat DVD – ROM / drive komputer untuk membaca DVD – R atau DVD RW
Berikut ini gambar DVD piringan dan perangkat DVD ROM komputer :






4. Flashdisk

Kalau berbicara flashdisk tentu sudah tahu juga bukan? perangkat ini memiliki bentuk yang kecil dan mudah di bawa kemana mana. Saat ini memang perkembangan flashdisk sudah meningkat, dahulu jaman 1991 flashdisk ukuran hanya 128MB saat ini sudah mencapai hingga ber tera tera. Namun pada umumnya di masyarakat memiliki ukuran yang banyak digunakan seperti  4GB , 8GB dan 16 GB dan 32 GB.





Bila point 1 , 2 dan 3 sangat ribet dan mudah patah, USB flashdisk sudah tidak akan lagi perkara patah kecuali terlindas kendaraan. Kelebihan yang paling disukainya adalah ukuran yang besar serta untuk menyimpannya juga tidak repot dan tidak memerlukan perangkat lain seperti di atas.


Dengan adanya flashdisk di jaman sekarang ini, banyak remaja yang dapat menyimpan movie korea, tugas, music dan file file pekerjaan lain dengan aman dan tahan lama hingga bertahun tahun.


5. Hardisk Internal dan Hardisk Portable

Hardisk tentu sudah banyak yang mengetahuinya, penyimpanan data yang memiliki ukuran terbesar dari pada flashdisk. Hardisk memang di pasang di dalam personal komputer yang dipergunakan untuk menjalankan file sistem operasi dan data data yang tersimpan di dalam laptop ataupun PC.

Namun saat ini perkembangan hardisk mulai di modifikasi menjadi sebuah perangkat portable yang dapat di bawa kemana mana. Ukurannya pun tidak main main untuk hardisk portable, bisa hingga 1 tera atau setara dengan 1000 Giga. Bisa dibayangkan, flashdisk saja yang ukurannya 16 Giga sudah sangat banyak, bagaimana dengan 1000 Giga. Harga hardisk portable untuk 512 berkisar 700 ribu sedangkan untuk 1 tera bisa 1 jutaan.

Berikut ini gambar hardisk internal untuk PC dan hardisk portable :




6. Online Drive


Nah baru baru ini tak hanya dari pihak Google.inc saja, ternyata pihak pihak lain seperti Microsoft juga ikut mengembangkan online drive. Apa itu online drive?

Online drive merupakan sebuah tempat penyimpanan yang terdapat dalam sebuah situs, ukurannya bisa 10 Gigabyte hingga Unlimited alias tidak terbatas. Keunggulan online drive  salah satunya adalah tidak akan terkena virus yang menular dari satu file ke file lain, dan beberapa kelebihan lain seperti :
  1. Dapat diakses dimanapun
  2. Tidak perlu membawa sebuah perangkat apapun
  3. Aman terhadap pencurian

Beberapa situs rekomendasi yang dapat anda coba :
  1. Google drive : https://www.google.com/drive/
  2. Microsoft Drive : https://onedrive.live.com/
  3. Dropbox : www.dropbox.com



Bagaimana Dengan Jenis Jenis Data Dalam Komputer


Berbicara data tentu sangat luas, karena saat ini perkembangan data selalu meluas. Bila di jaman dahulu komputer hanya mengenal data teks atau tulisan saja, saat ini sudah berkembang menjadi grafik gambar. Namun setidaknya anda mengenal jenis jenis data di komputer secara umum, diantaranya :


1. Data Document Teks
Merupakan data yang biasa di olah menggunakan program program pengolah teks seperti power point, microsoft word, notepad, dan masih banyak lagi. Biasanya ditandai dengan file ekstensi .doc, .docx, ppt, pptx, txt, xls, rtf dan masih banyak lagi.




2.  Data Gambar
Merupakan data data yang memiliki ekstensi .PNG, JPG, gif, ico, dan masih banyak lagi. Biasanya di olah menggunakan aplikasi photoshop, paint, corel draw dan lain lain.





3. Data Multimedia
Merupakan data yang biasanya berkaitan dengan hiburan, contohnya film dan music. Salah satu ekstensinya seperti .mp3, wav , mpg, wmv, avi dan masih banyak lagi. Diolah menggunakan program program media player seperti winamp, media player classsic, windows media player dan lain lain.





4. Data System Operasi
Untuk data jenis ini memang hanya bisa dipergunakan oleh yang ahlinya, rentan dengan pemgoraman komputer. Namun bagi anda juga harus mengetahuinya, karena salah salah menghapus file ini, laptop anda menjadi bermasalah seperti windows corrupt. File file ini biasa ditandai dengan ekstensi exe, dll, sys, ini, com dan masih banyak lagi.









Kesimpulan :
Banyak sekali jenis jenis data dan penyimpanan di era jaman saat ini, hal yang terpenting adalah fungsinya. Bila alat penyimpanan yang anda butuhkan tidak terlalu besar silahkan pilih saja flashdisk, namun sebaliknya bila penyimpanan yang dibutuhkan amat besar silahkan pilih hardisk portable. Yang harus diingat adalah kegunaannya, karena nanti akan sia sia karena kenyataannya data anda cenderung lebih kecil

Sekian semoga bermanfaat, salam by incaralaptop

0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^