Kamis, 11 Februari 2016

13 Cara Cek Laptop Bekas Tanpa Menyesal 7 Harian Dan Tipsnya

Cara cek laptop bekas yang bagus -  Kata murah memang tidak bisa berjalan selaras dengan kualitas, namun murah dapat sejalan dengan kata bekas. Membeli laptop bekas memang tidak semudah seperti membeli laptop baru, yang hanya dilakukan pengecekan pada prosesnya saja sedangkan laptop bekas memang harus diteliti secara rinci di bagian hardware dan softwarenya.


Yang perlu di ingat adalah jangan tergiur dengan harga yang sangat murah, dari pada anda menyesal di 7 hari kemudian atau setelah dirasakan selama satu minggu.  Berikut ini 13 Cara Cek laptop bekas tanpa menyesal sedikit pun :


1. Cek Fisik Laptop Secara Keseluruhan
Pengecekan fisik laptop pada hal ini dapat dilihat di bagian luarnya saja, apakah banyak lecet – lecetnya, apakah casingnya ada yang pecah dan sebagainya. Untuk itu saya akan sedikit jabarkan mengenai hal tersebut agar nantinya tidak membingungkan dalam mengecek di bagian fisiknya; antara lain :

  • Banyaknya lecet di bagian casing
  • Tutup buka laptop tidak berbunyi ‘kletuk’ hal ini pertanda bahwa roda pembuka mengalami pecah
  • LCD tidak tergores, lcd pada umumnya hanya terdapat debu saja
  • Mur laptop apakah ada yang bolong atau tidak di sekrup
  • Cek berapa banyak peyok pada body laptop termasuk keretakan juga

Cara Cek Laptop Bekas Melalui Fisiknya
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Fisiknya

2. Lama Penggunaan
Untuk mengecek lama penggunaan laptop bekas dapat dilihat di kartu garansi atau kartu beli yang tersimpan di box penjualnya. Namun bila anda percaya sama omongan penjualnya itu sah – sah saja, akan lebih baik ada bukti pembeliannya.

Mengapa lama penggunaan ini harus ditanyakan? Karena rata – rata seperti motherboard, memori dan VGA adalah komponen yang dimakan usia / umur dan cara penggunaannya.

Cara Cek Laptop Bekas Melalui Lama Penggunaan
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Lama Penggunaan

3. Laptop Bekas Ini Sebelumnya Digunakan Untuk Apa Saja?
Pertanyaan ini memang harus di lontarkan juga, karena dengan jawaban penjualnya kita bisa menganalisa kerusakan akibat penggunaan. Contoh game, cenderung laptop bekas akan mengalami kerusakan diantaranya adalah keyboard tidak enak di tekan, motherboard pasti bisa kemungkinan berumur pendek karena game dapat membuat motherboard cepat panas, apalagi di pakainya tanpa di istirahatkan.
Lebih baik anda memilih laptop bekas yang tidak digunakan untuk game.

Cara Cek Laptop Bekas Melalui Pemakaian User
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Pemakaian User


4. Ajak Teman Yang Mengerti Dunia IT Teknologi
Dengan mengajak teman akrab, setidaknya akan mendapat masukan dari laptop bekas yang akan dibelinya
Cara Cek Laptop Bekas Dengan Mengajak Teman IT
Cara Cek Laptop Bekas Dengan Mengajak Teman IT



5. Cek Segel Laptop
Untuk kasus segel laptop bekas memang hanya bisa dijadikan sandaran pertanyaan selanjutnya kepada penjualnya dan segel rusak sebenarnya wajar karena laptop bekas yang akan dijual biasanya di service terlebih dahulu.

Segel rusak menandakan bahwa laptop telah dibongkar atau di service, anda bisa menanyakan secara langsung kepada penjualnya “Apakah laptop ini pernah di service, karena segelnya rusak?”
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Segel Yang Rusak
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Segel Yang Rusak


6. Garansi Laptop Bekas
Setidaknya garansi laptop bisa dijadikan acuan laptop ini masih bagus atau tidak, karena dapat dilihat berapa lama pemakaiannya.


7. Cek Baterai Laptop Bekas
Untuk cara cek baterai laptop memang agak rumit, karena laptop akan rugi bila tidak bisa menyala dalam waktu minimal satu jam, lalu apa bedanya dengan PC atau komputer rumahan?
Untuk cara cek baterai laptop bekas ada 3 yaitu :
  • Cek kondisi baterai laptop di fisiknya, apakah ada penyok – penyok
  • Hidupkan laptop dan cek di notifikasi taskbar berapa ketahanan baterai karena disana akan adalah tulisan “hours” dari baterai yang terpasang
  • Cek melalui CMD dengan cara klik start ketik “Cmd” lalu ketikan “Powercfg energy”



8. Kondisi Semua Kelengkapan Laptop
Perlu di cek juga, seperti charger dan dosbook laptopnya, bagaimana lengkap atau tidak? Silahkan cek charger dengan mencolokan ke arus listrik , Bagaimana kabelnya “apakah bila di goyang – goyang terkadang putus dalam mencharging baterainya?”
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Fungsi Kelengkapan
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Fungsi Kelengkapan


9. Cek Layar Laptop
Ingat laptop dengan LCD vertex atau garis – garis warna hijau, biru, hitam ataupun lcdnya flex hitam menandakan LCD – nya akan segera ganti dalam beberapa bulan mendatang.

Cara Cek Laptop Bekas Melalui Layar Vertex / Flex
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Layar Vertex / Flex






10. Cek Touchpad Laptop Dan Keyboard
Untuk cek touchpad laptop bekas diperlukan perasaan, “apakah touchpadnya sensitif atau tidak untuk digerakan ke atas bawah, kiri dan kanan”. Untuk keyboardnya bagaimana hanya perlu di rasakan penekanan tombolnya enak atau tidak.

Cara Cek Laptop Bekas Melalui Touchpad Dan Keyboard
Cara Cek Laptop Bekas Melalui Touchpad Dan Keyboard

11. Cek DVD Player Bila Ada
Bila laptop bekas yang akan anda beli memiliki spesifikasi untuk bisa memutarkan CD sebaiknya anda membawa CD Player sebelum ketemuan. Hal ini untuk menguji “Apakah player DVD ROM di laptop bekas masih berfungsi atau tidak?”
Cek DVD Playernya
Cek DVD Playernya


12. Cek Speaker
Untuk mengecek tinggal putar dengan suara keras terhadap lagu yang anda kenal, bila dirasa cukup enak silahkan diambil


13. Kondisi Laptop Saat Di Beli Lancar Tidak Terkena Virus
Untuk menjelaskan point pada point 13 memang agak susah bagi NON IT, namun setidaknya ada ciri utama bila terkena virus berat yaitu program lambat berjalan atau bahkan tidak berjalan sama sekali.
Untuk memudahkan point 13 silahkan bawa teman atau kerabat anda yang mengenal dunia IT.


0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^