Kamis, 24 November 2016

Internet Lambat Adalah Ciri Ciri 5 Virus Ini Ada Di PC Kamu

Internet lambat karena virus sudah bukan lagi menjadi hal baru bukan? Apalagi bila koneksi yang Anda gunakan di pakai oleh banyak orang dalam ruang lingkup wifi, sehingga tak heran PC kamu bergelimpangan virus yang saling tertular Anda satu dengan lainnya.

Internet Lambat Karena 5 Virus Ini
Internet Lambat Karena 5 Virus Ini


Setiap tahun tidak hanya antivirus saja yang berkembang akan tetapi virus juga ikut berkembang. Memang sih saat ini banyak hacker yang membuat virus untuk sistem operasi windows ketimbang linux, hal ini dikarenakan kelemahan kelemahan windows juga sudah banyak sehingga virus mudah di buat dan di aplikasikan.


Nah bagaimana dengan koneksi yang semakin melambat? Apakah itu termasuk sebuah virus? Yups. Beberapa virus ini memang dapat membuat koneksi semakin lambat, padahal kita berlangganan pada sebuah ISP yang mahal.


5 Virus Yang Menyerang Koneksi

1. Virus Redirect
Virus jenis ini banyak ditemui di warnet warnet terdekat, memang ada juga virus ini dibuat untuk kepentingan mempromosikan warnetnya sendiri. Namun bagaimana bila virus ini tertanam tanpa keinginan dari pengguna komputer itu sendiri? Tentu jelas di anggap sebagai virus bukan.

Internet Lambat Karena Virus Redirect
Internet Lambat Karena Virus Redirect


Tujuan virus ini adalah mendirect ke suatu halaman website dan di dalam halaman tersebut sudah terisi javascript yang bersifat merusak sistem operasi Anda. Bahkan yang lebih parahnya lagi adalah ada program yang tidak dikenal langsung terinstall di PC Anda dan tak hanya itu banyak juga Add-ons browser di atas yang tidak Anda kenal sebelumnya.


Apa yang terjadi bila terkena virus redirect semacam ini? Koneksi Anda tetap normal akan tetapi browser andalah yang lambat dalam mengunduh sebuah situs untuk dibaca sehingga anda akan berprinsip bahwa koneksi andalah yang lambat padahal program browser Anda sudah terkena virus.


2. Worms

Untuk jenis virus ini memang sangat umum dikenal, bahkan sudah menjadi hal yang lumrah flashdisk Anda tertular oleh virus ini. Banyak jenis worms diantaranya PSWbugbear, Sobig, Mapson dan sebagainya. Cara penularan virus yang paling utama adalah dari email dan jaringan internet, meski tidak terlihat sebagai beban akan tetapi worms juga mengganggu bila jumlah yang di transferkan oleh virus ini sangat banyak bahkan menyebabkan unduhan Anda sering gagal.


Untuk saat ini worms memang dapat di deteksi oleh browser browser handal seperti firefox, google chrome yang menotifikasikan bahwa sebuah situs tersebut mengandung "malware". Namun adakalanya sebuah virus tersebut bisa lolos dari deteksiannya karena sebuah pemodifikasian script yang baik.

Internet Lambat Karena Virus Worms
Internet Lambat Karena Virus Worms


3. Discusx. Vbs
Virus Discusx Vbs sebenarnya 1 dari sekian ribuan virus VBScript. Ada beberapa yang menyerang drive hardisk, flashdisk dan ada pula yang merusak sistem operasi windows. Dengan adanya discusx Vbs komputer Anda bukan lemot saja, melainkan driver driver juga akan mengalami rusak dan tidak sesuai dengan fungsi drivernya.
 
Contoh saja driver wifi Anda rusak, maka penerimaan paket data melalui ISP provider tidak akan sama dengan laptop normal lainnya. Anda juga jangan heran bila laptop / PC teman Anda lebih cepat dalam browsing, namun pada laptop Anda sangat lambat sekali bisa dibandingkan 10 : 6. kejadian virus VBScript ini sangat sering di alami oleh kalangan mahasiswa di kampusnya.

Internet Lambat Karena Virus Discusx
Internet Lambat Karena Virus Discusx



4. Blaster Worm
Merupakan jenis virus yang menyerang jaringan, dan sangat terkenal sekali dari semua jenis worm. Dibuat tanggal 11 agustus 2003 dan menyebar hingga saat ini 2016, target utama mereka bukanlah sistem operasi MAC OS, dan linux melainkan windows untuk generasi 2003 hingga saat ini.

Memang sih virus ini tidak berakibat fatal pada sistem operasinya, namun sangat mengganggu jaringan terutama pada PC server windows. Beberapa indikasi seperti firewall mati, melakukan update terus menerus, PC server menshutdown sendiri, koneksi sering RTO dan Reply yang dapat membuat client di warnet kabur.

Internet Lambat Karena Virus Blaster
Internet Lambat Karena Virus Blaster


5. MyDoom (2004)
Merupakan virus komputer yang hampir menginfeksi 418 Triliun, mydoom merupakan bagian dari jenis virum worm yang sangat ganas. Bahkan penduduk amerika rela membayar U$38 Miliar kepada pihak antivirus untuk menangani permasalahan tersebut. Pada dasarnya semua penduduk amerika melakukan komunikasi menggunakan email, maka dari itu penyebaran utamanya adalah melalui email. Apa yang terjadi bila terinfeksi virus MyDoom?
 
Bukan koneksi saja yang mengalami RTO bahkan provider penyedia ISP pun mengalami putus koneksi ke clientnya karena keganasan dari MyDoom. Target sistem operasi MyDoom adalah windows, karena banyak kelemahan dari sistem operasi ini.

Internet Lambat Karena Virus Mydoom
Internet Lambat Karena Virus Mydoom






Lantas Bagaimana Cara Mengatasi Internet Lambat Karena Virus?

Mudah kok, saya sarankan gunakan avast karena lebih aman untuk mencegah infeksi virus ke sistem operasi anda. Bahkan virus virus berbahaya sekalipun, avast tidak menghapus file yang terinfeksi melainkan membersihkan file yang terinfeksi dan kemudian mendelete virusnya saja. Berbeda dengan AVG yang justru akan menghapus file yang terinfeksi bersama virus virusnya sehingga terkadang menyebabkan sistem operasi windows anda rusak.




0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^