Selasa, 01 November 2016

Komputer Lambat Setelah Install Ulang? Inilah Penyebabnya Dan Solusi

Komputer lambat setelah install ulang? Ini selalu menjadi pertanyaan para sobat – sobat yang pernah mengalaminya. Kronologi terjadinya sangat simple, laptop atau komputer anda sebelumnya sangat cepat, entah kenapa setelah memperbarui sistem operasi banyak kelainan dan kejanggalan diantaranya :

  1. Laptop atau komputer menjadi patah – patah atau lag
  2. Booting lambat
  3. Membuka suatu aplikasi tidak secepat yang dahulu
Komputer Lambat Setelah Installl Ulang
Komputer Lambat Setelah Installl Ulang


Mungkin bagi sebagian orang tidak merasakan hal ini, namun bagi pecinta gamers tentu dapat merasakan perubahan baru di laptop / PC nya. Anda tidak perlu panik bila terjadi hal ini, karena sebenarnya sangat sepele, anda cukup mendiagnosis beberapa penyebab dibawah ini, diantaranya :


6 Penyebab Komputer Lambat Setelah Install Ulang
6 penyebab ini, akan saya ubah menjadi sebuah pertanyaan agar memudahkan mendiagnosis laptop ataupun komputer anda, diantaranya :



1. Apakah Anda Sedang Upgrade Sistem Operasi Versi Terbaru?

Bila iya, maka segera cek terlebih dahulu mengenai spesifikasi laptop / komputer anda. banyak diantara kita terutama kaum wanita remaja sekolah yang ikut – ikutan temannya mengganti sistem operasi baru. Contoh saja laptop anda keluaran tahun 2013 yang memiliki spesifikasi intel atom serta sistem operasi bawaannya adalah windows xp, namun karena tertarik dengan windows 8 atau windows 10 anda mencoba menginstall sistem operasi tersebut, hal yang terjadi adalah laptop atau komputer anda menjadi lemot bahkan dapat menyebabkan hang secara bermenit – menit.
Bila anda kurang memahami mengenai spesifikasi laptop anda , dapat menanyakan kepada teman yang memiliki pengalaman di jurusan TKJ , IT ataupun teknisi karena mereka sangat paham mengenai sistem operasi yang cocok untuk spesifikasi laptop / komputer yang anda miliki.

Upgrade Sistem Operasi - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang
Upgrade Sistem Operasi - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang


 
2. Apakah Software yang anda install sangat banyak ?
Kebanyakan software juga sangat membuat laptop atau komputer anda menjadi lemot, anda tidak perlu ikut – ikutan trend seperti teman – teman anda. cukup install aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan digunakan setiap hari.

Terlalu Banyak Software - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang
Terlalu Banyak Software - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang



3. Apakah Driver – driver laptop sudah anda install terlebih dahulu ?
Mungkin terlihat sepele bukan? komputer lambat setelah install ulang juga dapat disebabkan hal seperti ini. tahap – tahap install ulang tidak benar, hal yang seharusnya anda lakukan adalah install driver dahulu setelah windows terinstall ulang, lalu dilanjutkan dengan antivirus dan aplikasi yang anda butuhkan.

Driver Belum Banyak Yang Di Install  - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang
Driver Belum Banyak Yang Di Install  - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang




4. Apakah Laptop Atau Komputer Anda Banyak Virusnya?
Tentu pertanyaan ini sangat sulit dijawab bahkan untuk mengetahuinya harus dilakukan cek langsung ke komputernya, namun saya memiliki tips ampuh mengetahui “apakah laptop / komputer anda terdapat banyak virus?”

Silahkan install “avast antivirus” saya merekomendasikan avast karena telah memberikan pelayanan terbaik saat saya menjadi teknisi. Avast mampu mendeteksi program – program yang terinfeksi virus, proses task manager, dan file di hardisk anda.

Bila avast antivirus tidak dapat di install di komputer anda, kemungkinan besar adalah komputer sudah terinfeksi virus terlebih dahulu, namun bila sukses lakukan full scan di setiap drive hardisk.
Virus  - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang
Virus  - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang




5. Memori Rusak Atau Kurang ?
Memang sangat sulit bila tidak dilakukan pengecekan lebih lanjut, namun jangan khawatir memori rusak biasanya ditandai dengan seringnya hang dan blue screen. Bila memori di laptop atau komputer anda diatas 4GB dan tetap lambat kemungkinan besar adalah kembali ke nomor 1 “spesifikasi tidak sesuai” kenapa? Spesifikasi mencangkup prosesor, VGA dan lain – lain.

Bila di install dengan sistem operasi yang sama tetapi bertambah lambat, kemungkinan adalah point nomer dua.

Memori Rusak  - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang
Memori Rusak  - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang




6. Hardisk Mulai Rusak ?
Memang dalam seringnya install ulang, format hardisk, dan mendefrag menyebabkan resiko 80% hardisk mengalami lemah. Tanda –tanda utamanya adalah sering terjadi bunyi “krek krek” , bad sector, blue screen dan memutar file sangat lambat.

Anda tidak perlu khawatir, point 4 adalah point paling akhir bila point 1 – 3 tidak ada kendala.

Hardisk Rusak  - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang
Hardisk Rusak  - Komputer Lambat Setelah Installl Ulang




Bagaimana Cara Install Komputer Biar Komputer Lancar Dan Tidak Lambat ?

Komputer lambat setelah install ulang menjadi permasalah pokok, namun kita juga bisa mengantisipasinya dengan cara install ulang dengan cara yang benar :

1. Cek spesifikasi laptop atau komputer anda terlebih dahulu, silahkan cek di google “apakah sistem operasi ini memiliki system requirement yang sesuai dengan laptop anda”
2. Install ulang sesuai dengan urutan yang benar, agar hasil yang didapat juga tidak setengah – setengah. Cek langsung bagaimana urutan install ulang yang benar http://incaralaptop.blogspot.com/2016/06/cara-menginstall-laptop-yang-terkena.html

Semoga bermanfaat by incaralaptop

0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^