Jumat, 25 November 2016

7 Penyebab Laptop Lambat Booting Sebelum Parah Anda Harus Tahu

Penyebab laptop / PC lambat booting memang banyak sekali, terkadang booting sangat mengganggu sekali saat laptop sangat dibutuhkan pekerjaan mendesak seperti presentasi. Salah salah kita sendiri malah kesal menunggu booting laptop yang terlalu lama dan pada akhirnya laptopnya dibanting :D

Penyebab Laptop Lambat Booting
Penyebab Laptop Lambat Booting


Booting sebenarnya merupakan proses awal untuk me-load sebuah sistem operasi, baik itu windows, linux, android dan sebagainya tetap akan berawal dari booting. Nah permasalah booting ini sebenarnya banyak sekali di alami, ada yang sehabis menginstall tiba – tiba mengalami booting yang cukup lama dan ada pula setelah 1 – 2 bulan penggunaan PC menjadi lambat saat booting, lantas apa penyebabnya ?


7 Penyebab Umum Laptop Lambat Booting

Nah kali ini saya akan menshare pengalaman saya mengenai laptop / PC tiba tiba mengalami lambat di booting khususnya di produk windows :


1. Menggunakan Program Ilegal Untuk Membajak

Nah ini yang sering saya alami sewaktu menjadi teknisi warnet, setelah melakukan instalasi sistem operasi, yang selanjutnya saya lakukan adalah membajaknya. Memang sih tidak boleh hehe :D. Pembajakan yang tidak benar juga berakibat hang di booting, setelah diamati ternyata crack yang saya lakukan mengalami crash dengan driver driver audio motherboard sehingga saya melakukan instalasi ulang windows dan mendownload sebuah program ilegal yang baru.

Membajak - Penyebab Laptop Lambat Booting
Membajak - Penyebab Laptop Lambat Booting




2. Terlalu Banyak Program

Penyebab booting lambat yang ini sudah sangat wajar di temui di PC – PC mahasiswa, ataupun SMK. Banyak program bukan berarti memberatkan saat program itu dijalankan, akan tetapi sangat berpengaruh sekali di booting.

Terlalu Banyak Program - Penyebab Laptop Lambat Booting
Terlalu Banyak Program - Penyebab Laptop Lambat Booting


Bila anda sudah mengalami hal ini, kemungkinan besar harus melakukan install ulang. Namun untuk beberapa tindakan seperti uninstall / add remove program juga terkadang bisa membantu mengurangi booting yang melambat. Silakan dicoba saja untuk membuang program yang tidak dibutuhkan.


3. File Boot Sudah Terinfeksi Virus
Mungkin dari nomer satu dan dua tidak termasuk, penyebab yang ketiga ini dapat anda cek sendiri melalui scan antivirus atau yang lebih pasti tancapkan flashdisk kosong ke PC anda dan kemudian lakukan scan di PC lain. Bila :

1. Terdapat file hidden aneh yang tercopy otomatis di flashdisk kemungkinan besar adalah virus dan otomatis PC anda juga terinfeksi.
2. Di Scan terdapat sebuah virus

Virus - Penyebab Laptop Lambat Booting
Virus - Penyebab Laptop Lambat Booting




4. Terlalu Banyak Program Berjalan Di Startup
Startup memang sangat bermanfaat sekali untuk menjalankan program secara otomatis setelah windows muncul. Namun disisi lain memiliki dampak negatif yaitu booting menjadi lambat. Anda bisa mengeceknya sendiri melalui : Run -> Msconfig -> Startup -> Uncheck program yang tidak diperlukan.

Startup Terlalu Banyak - Penyebab Laptop Lambat Booting
Startup Terlalu Banyak - Penyebab Laptop Lambat Booting



5. File Temporary Di Drive C Membengkak

File temporary merupakan file masa lalu baik itu bekas unduhan maupun cookies browsing. Namun sebagian besar dari file temproray adalah sampah yang tidak berguna, bila komputer anda sudah bertahun – tahun digunakan dipastikan file temporary bisa mencapai puluhan Giga yang sangat memberatkan windows.

Coba hapus semua, namun sebelum itu cek terlebih dahulu ukuran file temporary-nya agar anda mengetahui besarnya file yang anda simpan. Untuk melihat folder temporary berbeda beda :
  • Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp 
  • Windows 7    :  C:\Users\\AppData\Local\Temp
  • Cara Mudah : Ketik Run -> tuliskan %temp%
Sebelum masuk ke user pastikan folder hidden anda buka, dan Users\... juga bisa berubah sesuai dengan nama PC anda.

Mengecek File Temp Windows - Penyebab Laptop Lambat Booting
Mengecek File Temp Windows - Penyebab Laptop Lambat Booting




6. Memory Sudah Mulai Rusak
Nah sebelum memastikan memory rusak atau tidak, bersihkan terlebih dahulu memory RAM anda dengan menggunakan penghapus pensil dan untuk slotnya bisa menggunakan kuas kecil. Bila dirasa sangat lambat, padahal memory anda cukup besar (up 4GB) , kemungkinan besar RAM anda sudahh mulai lemah. Cobalah untuk mengganti RAM PC lain yang normal.

Membersihkan Memory - Penyebab Laptop Lambat Booting
Membersihkan Memory - Penyebab Laptop Lambat Booting




7. Windows Rusak
Windows yang sudah lama dipakai juga akan mengalami kerusakan baik itu disebabkan oleh virus ataupun crash saat menambahkan program. Memang sebuah program juga memiliki massa rusak, sama seperti perangkat keras lainnya. bila booting yang dialami sangat menggangu sekali, silahkan install ulang windowsnya karena solusi yang terbaik adalah memperbarui kembali windows yang telah lama digunakan.

Windows Rusak - Penyebab Laptop Lambat Booting


Semoga Bermanfaat by : incaralaptop

0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^