Rabu, 10 Februari 2016

13 Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Murah & Umur Panjang

Cara memilih laptop yang bagus dan murah sebenarnya komentar itu selalu di ucapkan ketika seseorang hendak membeli laptop. Bagus dan murah adalah dua kata yang sangat sulit ditemui, namun setidaknya produk merk tertentu pasti ada.

Harga laptop bagus dan murah serta memiliki spesifikasi tinggi berada pada produk AXIOO, mengapa demikian? Karena axioo adalah produk laptop indonesia sehingga harganya pun sangat murah dan spesifikasinya sangat bagus contoh tipe AXIOO NEON TNHC525X dengan harga Rp 2.999.000 saja hampir setara dengan Asus X401 yang harganya 4 jutaan.

Mengapa bisa murah? Karena semua komponennya buatan indonesia dan tidak dikenakan pajak export dan import negara. Bagaimana kualitasnya? Kualitasnya cukup bagus akan tetapi yang kurang adalah segi fisiknya yang condong kotak dan tidak ada desain. Bila di kalangan remaja laptop axioo merupakan laptop yang kurang modern alias kalah merk serta membawa malu bagi penggunannya itulah anggapan bila di bawa di kampus.

Namun setidaknya ada 13 Cara memilih laptop bagus dan murah dengan merk branded yang tingkat penjualannya sangat tinggi seperti ASUS.

13 Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Murah

Baca dan simak karena beberapa point sangat penting buat anda ketika beli dari pada menyesal di akhir. Berikut ini caranya :

1. Kebutuhan
Ada dua sisi bila dijabarkan di point kebutuhan yaitu kebutuhan pekerjaan berat dan pekerjaan ringan.
  • Pekerjaan ringan : biasa laptop digunakan untuk mengetik, memutar musik, menyimpan data, menonton film, internet dan proses ringan seperti layaknya orang perkantoran, pilihlah laptop yang harganya murah dengan bentuk minimalis seperti ASUS X453 harganya 3,5 juta ataupun merk lain yang terpecaya seperti Acer Aspire ES1 harganya 3 jutaan.
  • Pekerjaan Berat : biasa digunakan untuk memperkejakan laptop pada program yang berat seperti 3Dmaxs, blender, gaming dan video editing. Maka dari itu anda harus memiliki kriteria laptop dengan spesifikasi RAM, VGA dan Prosesor yang sangat tinggi. Contoh prosesor i7 , RAM 8GB dan VGA Geforce 2GB contoh laptop pada seri Acer Aspire  E5-473G.

Cara Memilih Laptop Berdasarkan Kebutuhan
Cara Memilih Laptop Berdasarkan Kebutuhan
2. Ukuran
Ada dua golongan jenis komputer portable yaitu laptop dan notebook, notebook adalah komputer yang ukurannya berkisar antara 10 – 12 inci sedangkan laptop adalah komputer yang ukurannya 12 inci keatas.

Bila anda suka berpegian jauh dan hanya untuk pekerjaan ringan belilah notebook saja, karena sangat kecil dan sangat mudah dibawa. Harga notebook sangat murah 2 juta kebawah pun bisa dapat.
Cara Memilih Laptop Berdasarkan Ukuran
Cara Memilih Laptop Berdasarkan Ukuran



3. Desain Elegan
Kebanyakan para wanita khususnya lebih menyukai desain yang modern , tidak tebal alias tipis. Itu sah – sah saja karena sebagian dari mereka (wanita) cenderung menjual laptop untuk desain yang unik, maka dari itu pilih desain yang menurut anda suka dari pada menyesal.

Contoh desain laptop unik tipis, feminim serta banyak diminati kaum perempuan waktu saya kuliah tahun 2015 lalu yaitu  ASUS X401
Cara Memilih Laptop Berdasarkan Desain Cantik
Cara Memilih Laptop Berdasarkan Desain Cantik


4. Merk Brand Terkenal
Untuk menyakinkan konsumen silahkan pilih merk terkenal dan jangan merk cina karena dampaknya bila terjadi kerusakan alhasil laptop anda harus dibuang, karena spart partnya tidak ada. Contoh acer, toshiba, HP/ compaq, Sony, Samsung, ASUS, DELL. Untuk SONY sebaiknya jangan dipilih karena merk branded yang paling mahal dan kualitasnya sangat tinggi.


5. Fasilitas Wifi
Ingat, membeli laptop jangan asal beli terkadang merk tertentu tidak menginputkan komponen wifi sehingga laptop anda tidak bisa di hubungkan ke internet bila berada di cafe, kampus atau ruangan yang memiliki konektivitas internet
Cara Memilih Laptop Berdasarkan Fasilitas Wifi
Cara Memilih Laptop Berdasarkan Fasilitas Wifi



6. Tempat Membeli Laptop
Hal yang terburuk terjadi pada banyak orang, harganya sangat mahal namun pelayanan sangat mengiurkan dan mudahnya terhipnotis oleh diskon dan rayuan. Dimanakah itu? Di plaza – plaza tentunya, ciri cirinya adalah disebarkan brosur kertas dan sebenarnya itu adalah harga laptop yang ada dikertas itu sangat mahal bahkan rentangnya 1 hingga 1,5 juta contoh harga di pasaran 3 juta namun si penjual menulis di kertas harganya 4 juta.

Dengan rayuan cewek seksi dan menggoda maka anda tertarik untuk membelinya, itulah tips dunia sales di plaza dan kasus ini banyak di bicarakan di forum kaskus.co.id

Untuk kualitas, harga standar, dan garansi terjamin silahkan beli di toko pusatnya saja (center point). Ciri utama center point vendor adalah hanya menjual satu produk saja seperti acer – acer saja.
Cara Memilih Laptop Yang Bagus Di Pusat Center Point
Cara Memilih Laptop Yang Bagus Di Pusat Center Point


7. Garansi Sevice Center
Memang dari berbagai vendor tidak mudah dalam melakukan garansi seperti ASUS yang banyak di bicarakan di kaskus silahkan baca laman ini http://archive.kaskus.co.id/thread/11077214/80

Untuk garansi service center yang mudah terletak pada Acer, namun bila anda yakin kondisi laptop bagus, garansi tidak usah dipedulikan lagi, karena anda juga dapat melakukan service laptop mudah dengan membayar.


8. Cek Kondisi Fisiknya
Bila kondisi fisiknya bagus berarti lolos, pengecekan kondisi fisiknya melalui berbagai cara diantaranya yaitu :
  • Keyboard tidak mengganjal
  • Buka tutup laptop masih kaku / belum licin, karena licin menandakan sudah terpakai.
  • Layar LCD tidak baret
  • Tombol power enak di tekan
  • Port USB tidak cacad / bengkok, silahkan cek dengan memasukan flasdisk
  • Fisik body masih mulus
  • Segel Rusak (Pertanda Bekas Di Bongkar)
  • Segel tidak sesuai tanggal
  • Bila ada CD- ROM silahkan cek kondisinya dengan memasukan DVD, kenapa DVD?? Karena pembacaan data lebih berat pada DVD

Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dengan Melihat Segel
Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dengan Melihat Segel


9. Mencoba Laptop
Laptop harus dinyalakan dan dicoba operasionalnya seperti :
  • Keyboardnya
  • Wifi apakah berjalan dengan lancar
  • Putar soundnya / speakernya dengan volume tinggi apakah enak atau tidak
  • Bagaimana prosesnya apakah lambat atau tidak
  • Dan sebagainya

10. Sistem Operasi Lisensi Bawaan
Sebaiknya bila kriteria anda memilih laptop yang bagus dan murah jangan memilih laptop yang memiliki bawaan windows 8 asli Genuie, harganya pasti lebih mahal karena windows asli harganya 1 jutaan belum di total sama laptopnya.

Belilah laptop yang tidak memiliki bawaan windows asli.


11. Cek Bonus Penjualan Laptop
Rata – rata laptop yang dibeli di sales tidak mendapatkan bonus seperti mouse, flasdisk dan sebagainya.
Setidaknya tahun 2016 ini laptop branded terkenal telah membawakan bonus standar seperti mouse, tas laptop, bila tidak ada sebaiknya anda menanyakan ke penjualnya dengan pertanyaan “Kemarin/lusa/dll teman saya beli dengan laptop tipe ini mendapatkan ....(mouse/tas laptop) mengapa disini tidak?”

12. Point Penting [ Laptop Hanya Bisa Di Install Pada Windows 8 Keatas ]
Ingat, bahwa kondisi windows / sistem operasi anda tidak selalu berjalan seperti itu terus alias lancar terus. Kondisi windows yang lama – lama di pakek pasti akan menemui gejala seperti lambat, tidak bisa booting, terkena virus dan sebagainya dan ujung – ujungnya adalah install ulang windows.

Lantas bagaimana dengan laptop yang tidak bisa di install windows versi lama? Tentu hal yang fatal apalagi seseorang tidak menyukai windows yang baru karena corak tampilannya berlebihan. Sebagai contoh laptop toshiba C800 merupakan laptop yang tidak bisa di install windows 7 kebawah seperti windows xp windows 7, windows 2003 dan operating sistem lain seperti ubuntu dan sebagainya.

Bila ini terjadi karena terlanjur membeli, pasti akan kesulitan biasa terjadi pada para pelajar SMK yang ingin belajar operating sistem linux. Untuk menghindari hal ini silahkan tanyakan kepada penjualnya atau browsing di internet “apakah laptop tipe xxx dapat di install windows xp atau linux”?

13. Cek Baterai Laptop Dengan 2 Langkah Mudah (Akurat)
Mengecek baterai memang harus dilakukan, karena banyak konsumen setelah pemakaian 1 bulan, baterai cenderung corrupt yang semula bertahan 5 jam menjadi 2 jam dan seterusnya. Untuk mengetahui ada dua cara yaitu kondisi fisiknya dengan cara kuningnya karatan atau tidak dan bentuknya apakah banyak goresannya atau tidak.


Untuk mengecek lanjutan bagian operasinya tinggal ketik
  • Start -> CMD
  • Setelah itu ketik “powercfg energy”
Cara Melihat Kondisi Baterai Laptop
Cara Melihat Kondisi Baterai Laptop

Nanti ditampilan cmd akan ada peringatan errornya berapa dan fungsi lainnya.


Tambahan Tips :
Saat ini banyak laptop merk branded acer, toshiba terutama sony mengeluarkan produk laptop transformer, yang dapat di pasang serta pisah dengan keyboardnya. Silahkan cari di internet. Barang kali anda minat dengan laptop touchscreen yang dapat di bawa kemana – mana.

0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^