Minggu, 11 September 2016

Cara Menghidupkan Komputer Dengan Benar Dan Akibat Buruknya

Cara menghidupkan komputer dengan benar sepertinya akan menjadi masalah, terutama bagi mereka yang baru belajar mengenal komputer. Tidak seperti pada perangkat elektronik lainnya yang cenderung hanya menekan tombol power lalu hidup contoh handphone, sedangkan komputer lebih rumit karena beberapa syarat harus dipenuhi terlebih dahulu seperti stavolt.



Beberapa syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu sebelum menggunakan komputer / PC (Syarat ini tidak berlaku untuk laptop), diantaranya :

1. Stabilizer atau dikenal dengan stavolt. Fungsi utama stavolt adalah menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke power supply komputer, bila ini ditiadakan dapat menyebabkan rusaknya komponen komputer terutama motherboard. Meski imbasnya tidak secara langsung, dapat dipastikan dalam waktu kurang lebih 3 bulan pemakaian tanpa stavolt, komputer anda sudah rewel dan harus rela mengeluarkan uang lebih untuk melakukan service. 

2. UPS (Opsional / tidak wajib). UPS merupakan peralatan yang digunakan untuk menyimpan listrik, fungsi utamanya adalah memberikan suplai listrik sementara ketika terjadi down atau mati listrik. Pembelian UPS menyesuaikan dengan kondisi lingkungan masing – masing, bila listrik di daerah anda sering mengalami gangguan sebaiknya belilah UPS yang berguna untuk mematikan komputer anda dengan aman. UPS juga bisa di bilang seperti baterai di komputer, lama waktu bertahan ketika tidak ada listrik 10 hingga 30 menit (bisa lebih tergantung merk dan kualitas UPS masing – masing)


Apakah Laptop Perlu Syarat Di Atas ?


Tidak perlu, hal ini dikarenakan laptop sudah memiliki baterai sebagai antisipasi mati listrik dan di dalam komponen charger sudah ditanamkan komponen pengatur daya stabil.

Bagaimana Cara Menghidupkan Komputer Dengan Benar ?



1.Pasang semua kabel yang terhubung ke stavolt, UPS dan PC, pastikan semua terpasang dengan baik.
Pasang Kabel Yang Terhubung Ke Stavolt dan CPU
Pasang Kabel Yang Terhubung Ke Stavolt dan CPU

2. Hidupkan stavolt

3.Hidupkan tombol power monitor. Ingat, pada beberapa monitor saat ini sudah menggunakan touch / sentuhan tangan dalam menghidupkan power, silahkan cari tombol power sesuai dengan monitor yang anda beli.
Cara Menghidupkan Monitor
Cara Menghidupkan Monitor


4. Tekan tombol power pada CPU, biasanya berbentuk lingkaran / kotak yang besar.
Cara Menghidupkan CPU
Cara Menghidupkan CPU

5. Tunggulah 2 hingga 3 menit, sampai layar menampilkan menu – menu.



6. Komputer siap untuk digunakan

Cara Mematikan Komputer Yang Benar Di Windows


1. Arahkan menu di pojok kiri bawah
2. Pilih shutdown
3. Klik “OK”
4. Tunggu hingga CPU benar – benar mati
5. Matikan stavolt anda,
6. Cabut semua kabel agar terhindar dari konslet saat sambaran petir datang.




Apa Akibat Menghidupkan Dan Mematikan Komputer Yang Tidak Benar?


Berikut ini beberapa akibat yang pasti terjadi bila anda menghidupkan dan mematikan komputer dengan prosedur yang tidak benar :

1. Motherboard Cepat Rusak
Salah satu komponen yang paling terkena serangan adalah motherboard, beberapa gejala bila motherboard mengalami rusak diantaranya komputer sering restart sendiri, mati sendiri, atau bahkan tidak dapat hidup sama sekali.

2. Hardisk Anda Cepat Rusak
Terjadi bila mematikan komputer dengan prosedur tidak benar. Semakin lama anda lakukan maka semakin pula hardisk mengalami goresan pada piringan hardisk, indikasi goresan tersebut dapat menyebabkan data hilang, corrupt bahkan hardisk tidak bisa bekerja secara normal.


3. Power Supply, Dan Prosesor Terbakar
Bila syarat menghidupkan komputer anda lewatkan, hal yang paling sering terjadi adalah terbakar. Penyebab utamanya adalah naik turunnya voltase listrik.

0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^