Minggu, 24 Juli 2016

7 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Cara Mengatasinya

Virus komputer memang sangat berbahaya serta susah di atasinya, terkadang virus bukan hanya merusak sistem operasi ataupun software/aplikasi yang anda install di komputer sehingga tidak dapat lagi digunakan, namun virus juga dapat membuat naik darah dan rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk sekedar menyelamatkan datanya.


Dokumen, data atau file merupakan barang beharga yang ada di hardisk anda, bagaimana bila virus itu memiliki kemampuan untuk menghapus data anda? Justru tidak bisa dibayangkan bukan?


Lantas Bagaimana Cara Menangkal Dan Cara Mengatasi Virus Yang Berbahaya Tersebut ?

Nanti akan saya ajarkan bagaimana trik cara menangkal virus yang paling berbahaya maupun virus sedang, bahkan tidak ada satupun virus yang dapat menembusnya.

 

7 Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Dalam Sejarah

1. I Love You / Letter Love
Menurut https://en.wikipedia.org/wiki/ILOVEYOU virus ini merupakan virus yang muncul tahun 2000 an dan sangat berbahaya, bahkan banyak personal komputer rumahan yang terkena dampak akibat virus ini.

Lantas apakah virus ini masih ada? Jelas masih ada, virus ini memiliki algoritma dapat menggandakan diri dan menyebarkan melalui jaringan online terhadap pengguna yang selalu berselancar di dunia maya.

Virus I Love You
Virus I Love You


Dampak virus I Love You di indonesia masih sangat sedikit, hal ini dikarenakan sebagian warga masyarakat indonesia kebanyakan tidak menggunakan email, sedangkan warga negara asing selalu email adalah point penting dalam kehidupan mereka.

Efek yang ditimbulkan oleh virus ini adalah menghapus semua file jpg atau gambar pada hardisk anda.


2. Code Red
Merupakan virus yang paling berbahaya pada tahun 2001, sasaran utama sistem operasinya adalah windows NT dan windows 2000 server. Mereka menggunakan virus ini merusak sistem windows dengan memunculkan text pop up “hacked by Chinese”.

Code Red merupakan virus yang dianggap berbahaya karena pada tahun 2001, antivirus belum sepenuhnya beredar dan belum banyak industri yang memproduksinya.

Virus Color Red
Virus Color Red


3. Win32 / Ramnit.F
Di indonesia virus ini sangat berbahaya bahkan hampir semua pengguna flashdisk pernah mengalami terkena virus tersebut.

Dampak yang ditimbulkan virus ini beruba perusakan atau menyembunyikan file asli dari dokumen office (docx, doc)




4. HTML/ Iframe.B.Gen
Merupakan jenis virus dari komplotan trojan yang sangat berbahaya, virus ini menginfeksi gerbang utama yaitu antivirus yang tidak pernah di update, setelelah berhasil menerobos gerbang utama maka algoritma mematikan akan dijalankan.


Sejumlah perusahaan ternama di indonesia pernah mengalami hal ini berupa kehilangan data penting akibat ulah virus ini, dengan serentak komputer yang terhubung ke jaringan lan mengalami hal yang sama.

Dampak algoritma virus ini mampu merusak antivirus, menghapus file registry windows, dan menghapus file sistem operasi windows, sehingga diharapkan bagi pengguna windows lebih berhati – hati dalam menyimpan file yang terletak di directory sistem operasi (C:)




5. MyDoom / Mailer Daemon
Pada tahun 2004 virus ini menjadi booming bahkan sampai ke indonesia, bahkan ada isu yang mengemparkan masyarakat yaitu barang siapa yang berselancar di dunia maya pada hari tersebut (lupa) para personal komputer akan mengalami infeksi virus.

Setelah diteliti ternyata isu tersebut adalah sebuah kebohongan belaka, namun ada beberapa komputer perusahaan yang terkena dampak virus tersebut, dan ternyata virus ini merupakan virus email yang dapat mengirimkan otomatis tanpa memerlukan password penggunanya.

Cara kerja virus ini sangat cerdik, Mydoom akan menyebarkan keylogger yang digunakan untuk mencuri password dan username, setelah itu virus ini akan mengirimkan documen / file mydoom ke semua contact yang terdapat di email pengguna tanpa diketahui pemiliknya.




6. Flame Aka Flamer Aka Skywiper
Pada tahun 2012 yang bertujuan menyuri informasi persenjataan berat yang terdapat di negara – negera keras yaitu Iran, Lebanon, Suriah dan Sudan. Virus ini menginfeksi sistem operasi serta digunakan sebagai mata – mata di dunia cyber.

Negara timur tengah merupakan negara yang paling ditakuti oleh negara lain, bahkan iran mampu memusnahkan setengah dari belahan bumi ini dengan teknologi rudalnya, tak hanya rudalnya saja, iran juga memiliki drone (pesawat tanpa awak) yang tidak dapat di deteksi oleh radar.




7. Stuxnet
Merupakan virus yang dirancang oleh amerika serikat dan israel bukan untuk memata – mata pergerakan nuklir di iran melainkan merusak sistem komputer dan algoritma yang tertanam di rangkaian nuklir.

Keberadaan virus ini bukan hanya menolong dari sisi peluncuran rudalnya, melainkan menginfeksi aplikasi industri yang terkenal di iran sehingga bukan mencuci otak rangkaian nuklir saja, melainkan merusak sistem data pembuatannya.

Pada agustus tahun 2010 di media informasi tercatat, total keseluruhan komputer 60% terjangkit virus di negara iran, bahkan perusahaan terkenal antivirus yaitu Rusia Kaspersky Lab yang bekerja sama dengan iran pun diterobosnya, serta meyimpulkan bahwa serangan canggih ini diduga berasal dari negara israel dan amerika serikat.



Cara Mengatasi Virus Berbahaya Yang Pernah Beredar Di Indonesia ?

Mungkin untuk virus yang sangat handal seperti stuxnet tidak mungkin masuk ke komputer anda, karena virus ini ditujukan untuk menyerang negara sebelah. Namun beberapa virus kecil yang sering mengganggu di komputer indonesia banyak dijumpai seperti menggandakan file *exe, menghidden dan merusak sistem operasi, dan hal ini mudah dibasmi bila anda mengetahui triknya.
Cara dan triknya sebagai berikut :


1. Install Shadow Defender Atau Deepfreeze
Apa itu fungsi program diatas? Program diatas adalah program yang dapat mengembalikan seperti semula saat anda bekukan (freeze), cara mengembalikannya pun cukup mudah, tinggal restart saja komputernya.

Keunggulannya yaitu bila terdapat kerusakan file, atau file anda hilang, file corrupt, file dirusak oleh virus dan sebagainya, maka tinggal restart komputernya akan kembali seperti semula saat anda freeze. Namun kekurangan atau resikonya harus anda tanggung yaitu bila file anda baru di copy di komputer, belum anda buka freeze-nya maka file tersebut akan hilang bila anda restart komputernya.
Saya rekomendasikan lebih untuk memakai shadow defender karena memiliki fitur dapat membekukan file tertentu, dan tidak memberatkan bagi pengguna laptop.





2. Install Antivirus Yang Terkenal
Saya sendiri sudah mencoba berbagai antivirus terkenal, seperti kaspersky, AVG, Smavdav dan sebagainya, namun saya rekomendasikan untuk menggunakan Avast, karena saya sudah 2 tahun lebih menggunakan antivirus tersebut hingga sampai sekarang normal.

Semua antivirus juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, sehingga jangan memakai program berbayar seperti kaspersky namun anda crack, nah dengan demikian antivirus tidak bisa bekerja secara optimal.








 by : incaralaptop

0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^