Minggu, 11 Desember 2016

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Beserta Tata Kesopanannya

3 cara mengirimkan surat lamaran melalui email yang akan di share pada topik pembahasan kali ini. Surat lamaran kerja saat ini sudah berbeda dengan masa lalu, di tahun ini lamaran sudah tidak berbentuk lagi kertas, yang di tulis tangan maupun di print. Berbagai perusahaan besar hingga kecil sudah menerapkan lamaran kerja di kirim lewat email, hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Disisi perusahaan akan menghemat ruang dan tempat dalam mengumpulkan berkas pelamar, sedangkan disisi pelamar mempermudah dalam mengirim berkas kualifikasi lamarannya.

Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email
Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email

Bagi seorang pelamar, pasti timbul sebuah pertanyaan “apakah lamarannya akan sampai?”, tentu jawabannya adalah pasti sampai ke tangan HRD, karena pengiriman lamaran lewat email 100% lebih aman dan terjaga, berbeda dengan lamaran yang dikirim lewat kantor POS yang belum tentu sampai ke tangan HRD-nya. Biasanya lamaran tertentu hanya sampai ke bagian resepsionis dan satpam yang tidak bertanggung jawab.


Alasan Banyak Instansi Mengganti Prosedur Menjadi Sistem Email

Dahulu sebelum adanya teknologi internet dan masih minimnya pengguna, informasi lowongan pekerjaan selalu di edarkan melalui koran seperti jawa pos, malang pos, koran pos dan sebagainya yang dapat di beli di pinggir jalan. Pembukaan lowongan tersebut, biasanya pada hari sabtu saja, sehingga koran koran banyak yang lari pada hari tersebut.


Lowongan Pekerjaan Dari Koran
Lowongan Pekerjaan Dari Koran
 
Setelah beberapa table lowongan yang anda pilih, selanjutnya anda membeli amplop lamaran beserta HVS bergaris dan polos untuk menuliskan CV dan surat lamaran. Begitu melengkapi persyaratan dari informasi lamaran, selanjutnya mengirimkan langsung ke perusahaannya. Untuk pengiriman surat lamaran bisa diantar sendiri bila dekat atau menggunakan jasa Kantor POS untuk memposkan surat lamaran anda.

Nah dengan kejadian tersebut, seorang instansi besar mendapat permasalahan tersendiri seperti kandidat yang melamar cukup sedikit belum ditambah lagi kandidatnya tidak cocok dengan kriteria yang diharapkannya. Setelah diselidiki, pada kenyataannya masyarakat tidak banyak yang membeli koran pada jaman dahulu, dikarenakan harga koran sangat mahal. Maka dari itu hanya pelamar yang memiliki uang tebal saja yang dapat membeli koran, serta penyebaran koran juga belum maksimal seperti kota kota besar yang letaknya sedikit jauh dari instansinya.

Saat ini, lowongan pekerjaan seperti yang tertera di koran masih tetap ada, namun sebagian perusahaan besar telah berpindah menggunakan teknologi digital dalam menyebarluaskan lowongan tersebut. Keuntungan pertama adalah dapat berinteraksi dengan pelamar, bila informasi lowongannya disebarkan melalui sosial media seperti facebook, twitter dan sebagainya. Ada pula lowongan yang pasang ke beberapa website terkenal seperti jobs.db, sehingga pelamar dapat mengirimkan berkasnya dengan mengupload dengan mudah.



Hal Yang Dipersiapkan Sebelum Mengirimkan Lamaran Ke Email Perusahaan.

Sama seperti di dunia nyata, persiapannya meliputi amplop lamaran, kertas dan sebagainya, namun untuk lamaran berupa email hal yang dipersiapkan sebagai berikut :

1.Surat lamaran yang anda ketik sendiri, untuk contohnya dapat mengunduh disini. Untuk surat lamaran yang dikirim ke instansi tertentu terkadang berbeda beda, namun yang saya share di atas dapat digunakan surat lamaran standar yang dapat digunakan untuk instansi kecil CV hingga besar PT.

2. Curiculum Vitae atau daftar riwayat hidup, contohnya dapat anda unduh disini.

3. Scan dokumen anda. bila anda tidak mengetahui apa itu scan? Scan adalah cara memindai dokumen anda seperti sertifikat, ijazah dan sebagainya, menjadi sebuah file yang dapat di baca di komputer. Untuk melakukan scan, silahkan pergi ke warnet warnet terdekat, dan bawa dokumen yang anda ingin scan untuk dimasukan ke dalam flashdisk. Ingat ya! Jangan lupa bawa flashdisk dalam melakukan scanning.
 
4. No handphone, untuk mendaftar layanan email


Bagaimana Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email ?

Sebelum mengirimkan lamaran anda, hal utamanya adalah memilih layanan email. Kami sarankan yang pertama mendaftar gmail karena lebih bagus dan kualitasnya terjamin enkripsi oleh google. Untuk alternatifnya silahkan pilih yahoo.


Untuk mendaftar email google atau biasa disebut gmail, silahkan kunjungi : http://gmail.com

1.Klik Create An Account terletak di bawah sendiri.

Klik Untuk Membesarkan
Klik Untuk Membesarkan


2. Isikan data data pribadi dan masukan nomor handphone yang tadi dipersiapkan
Panduannya sebagai berikut :
  • Nama : isi dengan nama depan dan nama belakang anda
  • Pilih nama pengguna anda : isi dengan nama yang anda ingat (boleh menggunakan nama rumah, pacar, mobil dan sebagainya / bebas) dan setelah mengisi catat dengan baik, karena kolom kedua adalah ID untuk login nantinya. Catat hingga akhirnya incaralaptop@gmail.com
  • Buat sandi : password rahasia, masukan dan ingat baik baik jangan sampai lupa
  • Konfirmasi sandi anda : masukan ulang kata sandinya
  • Tanggal lahir : isi kelahiran anda
  • Gender : Isi jenis kelamin
  • Ponsel : isi ponsel anda (mengisi ponsel sangat penting untuk verifikasi)
  • Alamat email anda saat ini : kosongi saja (tidak perlu diisi)
  • Pada kota gambar : isikan huruf sesuai dengan gambar
  • Centang dua persyaratannya
  • Lokasi : pilih negaranya


3.Lanjutkan verifikasi akun, pilih metode pesan teks (SMS) klik lanjutkan



4. Nanti beberapa setelah mengklik akan ada kode verifikasi yang dikirim di handphone anda. cek dan masukan sesuai dengan pesan masuk.


Masukan Kode Verifikasi - Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email
Masukan Kode Verifikasi - Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email


5. Untuk selengkapnya anda klik “Lanjutkan ke gmail” setelah itu anda sukses 100% memiliki email. Ingat dan catat email yang tadi dibuat.




6. Nanti akan ada tampilan seperti inbox, sent, dan sebagainya, anda tidak perlu bingung karena fitur ini mirip dengan handphone pada biasanya.






Cara Kirim Lamaran Email Lewat Google Mail (Gmail)

1. Masuk ke alamat http://gmail.com

2. Login, masukan id dan password yang telah di buat



3. Klik tombol “Tulis Pesan”, tampilan akan sedikit berbeda dalam bahasa inggris.



4. isikan nama penerimanya : alamat email instansi contoh honda@gmail.com
Subjek : Lamaran Pekerjaan
Isi Pesan : (isikan kata kata bahwa lamaran + CV anda di lampirkan)
Klik icon seperti ‘kecemiti’ dan masukan file anda

Masukan Penerima, Judul Dan Isi Pesan Singkat - Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email
Masukan Penerima, Judul Dan Isi Pesan Singkat - Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email


5. Lalu tekan tombol “Kirim”

6. Setelah itu cek di menu sent, apakah sudah terkirim”.





Cara Kirim Lamaran Lewat Email Yahoo

Bila anda terbiasa menyukai yahoo, silahkan daftar terlebih dahulu. Untuk pengiriman lewat yahoo juga hampir sama yaitu :

1. Buka http://mail.yahoo.com

2. Masukan ID dan password lalu tekan Sign In

Login - Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email
Login - Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email


3. Setelah masuk, maka akan muncul tampilan seperti berikut :



4. Ada menu di atas “Tulis

5. Isikan Penerima, Subjek, isi pesan dan lampirkan berkas anda setelah itu klik Kirim

Tulis Pesan, Penerima, Judul, Isi Pesan Dan Lampirkan File - Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email
Tulis Pesan, Penerima, Judul, Isi Pesan Dan Lampirkan File - Cara Mengirimkan Lamaran Lewat Email








Tata Cara Mengirimkan Lamaran Kerja Lewat Email Yang Baik, Benar, Formal dan Tidak Kaku

Melampirkan email memang sangat mudah, namun terkadang di sisi HRD juga menilai tingkat keformalan yang diterimanya sebelum dibaca surat lamaran anda. Maka dari itu, anda tidak boleh menyepelekan hal yang begitu sederhana ini. Tingkat bahasa yang formal juga menandakan bahwa kepribadian anda sangat profesional, tegas dan menarik untuk kriteria perusahaan yang membutuhkan karyawan pemimpin.


1. Nama Alamat Email
Setidaknya nama merupakan pandangan pertama dari HRD, bila nama yang tertera sedikit alay, tidak senonoh dan sebagainya, kemungkinan besar lamaran anda tidak akan dibaca dan dianggap sebagai pelamar yang masih memiliki tingkat kecerobohan sebelum melamar.
Contoh nama email yang buruk : ketilang_eek@yahoo.com, yanacintakusayang@gmail.com
Nama email yang baik contoh : kunhery@gmail.com, jessica_veranda12@gmail.com


 
2. Subjek Email
Subjek email sebaiknya simple, bahasa formal, akurat dan terfokus, karena subjek sebenarnya adalah judul sehingga tidak perlu panjang panjang dalam menuliskannya. Contoh :
Judul yang baik : Lamaran Posisi Administrasi
Judul yang buruk : Saya Melamar Jadi Posisi Administrasi, Pelamar Administrasi



3. Isi Email
Menuliskan isi memang tidak mudah bagi kalangan tertentu, isi email untuk lamaran memiliki pengaruh besar terhadap diliriknya anda. Setidaknya untuk menyusun rapi isi email anda, mulai dari kata pembuka hingga penutupnya. Contoh sebagai berikut :


Yth
Bapak/Ibu HRD CV Mitracempaka
Malang, Jawa timur
Perkenalkan nama saya jesica veranda, ingin melamar untuk menempati posisi administrasi. Berkas lamaran dan daftar riwayat hidup kami sertakan, besar hati harapan untuk diterimanya ke posisi tersebut. Terima kasih.




0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^