Kamis, 08 Desember 2016

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Dan Tips Cara Backup Full Aman

Cara Mengembalikan file yang terhapus di flashdisk maupun hardisk ekternal / internal tentu sangatlah mudah, bila Anda mencoba cara dibawah ini. Memang dalam mengembalikan sebuah data yang hilang, waktu yang dibutuhkan tidak sedikit bahkan bisa 3 hari, bila data yang dikembalikan berkisar 500 GB keatas.

Untuk mengembalikan sebuah data pada hardisk internal, memang sudah disediakan tool yang bernama restore. Namun hal itu tidaklah efektif mengembalikan data 100%, bahkan terkadang mengalami corrupt atau data yang dikembalikan hanya sebuah data yang berukuran kecil saja.

Cara Memulihkan File Yang Terhapus
Cara Memulihkan File Yang Terhapus

Data hilang memang sangat menjengkelkan, bahkan bila data itu adalah data dokumen yang selama ini kita kerjakan. Banyak sekali penyebab data hilang yang harus anda ketahui yaitu :
  1. Tidak sengaja menghapusnya. Merupakan kejadian yang paling sering terjadi, bila komputer anda dipinjam pinjamkan, secara tidak pasti teman anda tidak bisa diberikan kepastian mengenai keamanan datanya, yang lebih parahnya lagi adalah teman anda suka membuka data yang bukan menjadi miliknya.
  2. Terkena virus dan di delete oleh anti virus adalah sebuah persoalan yang paling sering terjadi juga. Antivirus seperti AVG memang ampuh dalam menangkal sebuah virus yang masuk akan tetapi antivirus ini juga memiliki kelemahan dalam sisi perlakuan virus. Perlakuan antivirus yang saya maksud adalah bilamana files terinfeksi virus maka akan didelete, namun beberapa antivirus seperti Avast, Kaspersky adalah antivirus yang memiliki perlakukan baik terhadap file terinfeksi karena banyak file yang terselamatkan oleh antivirus Avast dan Kaspersky.
  3. Terformat merupakan persoalan yang paling terjadi ketika melakukan install ulang, ketidaktahuan menghapus sebuah paritisi akan menghapus keseluruhan data.
  4. Penyebab lain terjadi dari program crash, sektor hardisk rusak dan sebagainya.

Setelah anda mengetahui beberapa penyebabnya, setidaknya anda bisa menghindarinya. Bagi yang sudah terlanjur terhapus datanya, tidak perlu di khawatirkan karena saya akan share bagaimana cara mengembalikan data yang telah terhapus yang sangat mudah, berikut inilah softwarenya

Mengembalikan Data Lama Yang Terhapus Dengan 7 – Data Recovery Suite

Mungkin sobat pernah mengalami kehilangan data penting yang tidak di duga duga sebelumnya, dan secara spontan di benak kalian terpikir akan membayar teknisi untuk mengembalikan data tersebut. Namun hal itu tidak semudah yang kita bayangkan, banyak teknisi yang tidak serius dalam mengerjakannya, biasanya teknisi akan menolaknya dengan jawaban "tidak bisa". Nah kali ini kita tidak perlu di khawatirkan dengan demikian, hal perlu dilakukan adalah menginstall software 7-Data Recovery Suite.

Program / Software ini menawarkan kelebihan interface yang mudah, dan memiliki fitur untuk mengembalikan data pada hardisk, flashdisk dan file handphone android. Dalam produknya tertulis beberapa data yang dapat diselematkan oleh program ini diantaranya :
  1. Terhapus tidak sengaja
  2. Data yang sudah jangka lama
  3. Jatuh
  4. Terformat
  5. Terhapus Partisi
Sehingga anda tidak perlu khawatir kesana kemari untuk mencari sebuah program untuk mengembalikan data anda. 7 – Data Recovery Suite ini menjamin pengembalian data hingga 91%. Untuk menikmati program ini memang tidak gratis, namun anda bisa mencari gratis di website – website google hehe


Berikut ini cara penggunaannya :

1. Buka Program 7-Data Recovery Suite Terlebih Dahulu

Buka Recovery Suite - cara mengembalikan file yang terhapus
Buka Recovery Suite - cara mengembalikan file yang terhapus

2. Lalu Pilih Opsi Menu Yang Diinginkan
Contoh Deleted Recovery merupakan opsi untuk memulihkan data yang terhapus secara permanen, entah itu terformat dan terdelete dengan sengaja.

Pilih Opsi - cara mengembalikan file yang terhapus
Pilih Opsi - cara mengembalikan file yang terhapus


3. Kemudian Pilih Drive Mana Yang Datanya Terdelete
Untuk mengembalikan data yang terdelete di flashdisk, silahkan tancapkan terlebih dahulu flashdisknya.

Pilih Drive - cara mengembalikan file yang terhapus
Pilih Drive - cara mengembalikan file yang terhapus



4. Muncul File Terdeteksi
Setelah lama menunggu proses pengembalian data hilang, anda akan disuguhkan data – data anda. Pilih data yang ingin di restore dengan men-ceklistnya.

Muncul File Anda - cara mengembalikan file yang terhapus
Muncul File Anda - cara mengembalikan file yang terhapus

5. Pilih Dimana Data Ditempatkan
Setelah melakukan ceklist -> Next , akan di tampilan kotak dimana file akan ditempatkan.

Pilih File Akan Ditempatkan - cara mengembalikan file yang terhapus
Pilih File Akan Ditempatkan - cara mengembalikan file yang terhapus

6. Kemudian Tunggu Prosesnya
Untuk mencopy / restore data dibutuhkan waktu yang sangat lama, berkisar berjam – jam bila data yang dikembalikan diatas 1GB






Cara Backup Yang Paling Jitu Dengan EaseUs ToDo Backup

Tahukah anda mengenai EaseUs ToDo Backup? Software yang satu ini menawarkan fitur yang setingkat dengan program premium backup. Kehandalan backup memang tidak bisa diremehkan pada software yang satu ini, salah satu kelebihannya adalah dapat membackup sistem operasi dan semua data drive di hardisk menjadi sebuah image (ISO, DAA, dll).


Dan kelebihan EaseUS Todo Backup terletak pada sisi mengembalikan data, restore yang dikembalikan 100% persis saat backup itu dilakukan. Bahkan dapat merestore sistem operasi baik itu linux, macintosh, windows, android dan sebagainya tanpa mengalami crash sedikit pun. Anda dapat mendownloadnya gratis di http://www.todo-backup.com/download/.



Contoh Backup Sistem Operasinya Saja (Bukan Clone)
Bagi kalian yang ingin clone (menggandakan sistem operasi, data dan sebagainya silahkan pilih clone)

1. Untuk membackup standar settingan dan softwarenya saja silahkan klik “Backup”


2. Atur destination dan sesudah itu klik Proceed



Restore ALL Data
1      Silahkan Pilih File Backup





2.      Masukan Lokasinya



3.Pilih Dimana Tempat Yang Akan Dipulihkan, Misal Di Drive C akan dipulihkan maka pilih drive C. Lalu Klik Proceed





Itulah tips bagaimana cara membuat backup data yang paling ampuh dan aman, pastikan anda memiliki dua hardisk agar bisa membuat sebuah clone data. Untuk tampilan EaseUS diatas bisa berbeda dengan saat ini, karena software ini terus di update. Sekian semoga bermanfaat ^.^.

0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^