Rabu, 21 Oktober 2015

7 Cara Turbo Mempercepat Laptop Pada Windows 7 Yang Aman

Mempercepat Laptop Di Windows 7 -  Memiliki laptop yang sangat lelet memang sangat menjengkelkan, padahal semenjak pertama beli laptop, perfomance untuk program apapun sangat lancar, bahkan bisa menjalankan game sekaligus mengetik.

Komputer Lambat - cara mempercepat laptop windows 7
Komputer Lambat - cara mempercepat laptop windows 7
 
Lantas mengapa laptop anda sekarang menjadi lelet?

Penyebab Atau Faktor Laptop Lambat, Tidak Seperti Sewaktu Baru Beli

1. Fan Atau Kipas Sudah Aus
Seperti manusia yang tak selamanya tangkas, cepat dan kuat setelah menginjak usia tua, kipas juga demikian setelah beberapa bulan sekitar 6 – 10 bulan, daya kekuatan kipas untuk memutar semakin lemah hal ini disebabkan oleh kualitas kipas itu sendiri dan debu yang terjerat di kipas.

Ciri – ciri laptop lambat akibat dari fan atau kipas yang lemah adalah laptop terasa panas, Saat jari – jari mengetik di keyboard user tidak nyaman dan perih akibat hawa panas.

Meski dianggap sepele oleh orang, justru akibat fan lemah dapat mengakibatkan komponen – komponen sekitar menjadi lemah bahkan rusak seperti memory, motherboard, dan prosesor.
Fan Kotor - cara mempercepat laptop windows 7
Fan Kotor - cara mempercepat laptop windows 7


2. Kekurangan Memory
Bila nomer satu tidak mengalami gejala, dilanjutkan dengan penyebab berikutnya yaitu kekurangan memory. Hal ini sering terjadi kalangan mahasiswa khususnya gamers, ingat memory adalah salah satu komponen yang bekerja ketika tombol power laptop dinyalakan, tanpa adanya memori, mustahil laptop dapat berfungsi. Maka dari itulah, semakin banyak anda menginstall program, maka semakin kecil ruangan yang memory untuk dapat bekerja.

Memory juga dapat diibaratkan seperti ruangan kamar, semakin banyak perabotan di kamar juga dapat menyempitkan aktifitas saat di kamar.
Kekurangan Memory - cara mempercepat laptop windows 7
Kekurangan Memory - cara mempercepat laptop windows 7


Solusi permasalahan nomer dua dapat diatasi dengan membeli memory tambahan di toko – toko komputer.

3. Terlalu Banyak Program Yang Diinstall
Terlalu berlebihan menginstall program juga tidak baik, selain dapat memberatkan memory juga dapat memberatkan hardisk. Solusi pada permasalahan ini adalah uninstall program yang tidak dipakai.
Terlalu Banyak Program Yang Di Install - cara mempercepat laptop windows 7
Terlalu Banyak Program Yang Di Install - cara mempercepat laptop windows 7


4. Program Yang Berjalan Di Startup Terlalu Banyak
Startup adalah fasilitas windows yang digunakan untuk menjalankan program secara otomatis ketika sudah muncul menu pada tampilan window. Nah terkadang ketika kita mengisntall program, program tersebut sudah terdapat startup. Contoh tak lain adalah anti virus, memang anti virus dibutuhkan berjalan otomatis tanpa di aktifkan oleh user secara manual, lantas bagaimana dengan program lain?

Anda juga memiliki hak untuk menonaktifkan program yang berjalan secara otomatis dengan cara CTRL + R atau Window + R (pada keybord) lalu ketikan msconfig
Program Di Startup Terlalu Banyak - cara mempercepat laptop windows 7
Program Di Startup Terlalu Banyak - cara mempercepat laptop windows 7


Pindahkan Tab ke “Startup” , bila sudah hilangkan centang ke program yang tidak anda perlukan untuk berjalan otomatis

5.  Laptop Lambat Karena File Temporary Tidak Di Hapus
File temporary biasa di sebut orang sebagai spam atau sampah yang harus dibuang, file ini secara otomatis terbuat dan bila tidak segera anda hapus file tersebut dapat mencapai puluhan Giga yang dapat memberatkan hardisk dan dapat menimbulkan laptop lambat.
Untuk membersihkan silahkan masuk ke
  • Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp 
  • Windows 7    :  C:\Users\\AppData\Local\Temp

6. Antivirus Yang Berlebihan
Beberapa antivirus memang bermusuhan satu sama yang lain, contohnya adalah PCMAV / PC Media dengan smavdav, meski sama – sama anti virus, mereka mengidentifikasi PCMAV sebagai virus dan sebaliknya SMAVDAV sebagai virus.

Lantas bagaimana dengan produk antivirus yang terkenal? Justru pasti ada

Maka dari itu, percayakan pada satu antivirus saja dari pada dua, dapat merusak file pada hardisk dan membuat laptop sangat lambat dikarenakan dua kinerja antivirus yang selalu berjalan setiap saat.

7. Hardisk Yang Kecil
Sudah jelas tentunya, bila hardisk penuh juga dapat menyebabkan hang, maka dari itu perhatikan space kosong untuk setiap partisi.
Antivirus Yang Terlalu Banyak - cara mempercepat laptop windows 7
Antivirus Yang Terlalu Banyak - cara mempercepat laptop windows 7


8. Laptop Terkena Virus
Kejadian yang paling populer dan paling sering adalah terkena virus, bahkan virus juga dapat menyebabkan laptop hang, windows macet, program tidak berjalan bahkan yang lebih parahnya adalah file – file penting anda rusak.

Solusinya adalah install ulang windows atau bawa ke toko service laptop terdekat.

7 Cara Jitu Ampuh  Mempercepat Laptop Di Windows 7

Setelah mengetahui penyebab laptop lambat, berikut ini ada 7 tips ampuh yang dapat digunakan untuk mempercepat laptop

1. Menambah RAM
Tambahlah RAM jangan tanggung tanggung, belilah RAM yang memiliki kecepatan tinggi dan memiliki kapasitas. Contoh speed memory yang digunakan untuk overcloking 1866 – 3000 Mhz, namun untuk perkembangan jaman kecepatan memory semakin bertambah, maka dari itu belilah yang terbaru, namun memiliki kualitas merk yang terkenal.

2. Tambahkan Hardisk Bila Tidak Mencukupi
Ruang kosong pada hardisk atau dikenal dengan space memang sangat diperlukan, tanpa ada space kerja hardisk semakin panas, apalagi dibuat nge-game maka timbulnya bad sector juga semakin besar.

3. Minimalisir Program Di Startup
Sudah dijelaskan bagaimana cara mengurangi program pada startup diatas, segera kurangi program yang tidak diperlukan untuk berjalan di awal.

4. Jangan Mendefrag Hardisk Terlalu Sering
Banyak orang berfikir bahwa mendefrag adalah hal yang bagus buat mempercepat kinerja hadisk, tahukah anda apa penyebab atau resiko ketika mendefrag hardisk?
  • Hardisk anda akan cepat rusak, karena pada dasarnya adalah mengurangi umur
  • Bad sector adalah kemungkinan paling terjadi
  • Hardisk akan lenyap seketika ketika di restart termasuk data – data anda
Saya pernah melakukan defarg  yang dianjurkan dari beberapa artikel, dan hasilnya ternyata laptop yang baru beli selama 3 bulan  rusak akibat defrag yang saya lakukan seminggu sekali, namun saya luruskan berdasarkan pengalaman, hardisk akan lebih tahan lama tanpa di defrag, dan hingga saat ini saya tidak pernah melakukan defrag serta hardisk pun sudah berumur 8 tahun tidak pernah rusak.

5. Meminimalis Tampilan Windows 7 Dapat Mempercepat 60% Laptop
Maksud dari meminimalis tampilan windows 7 adalah mengurangi tampilan baik dari efek transparant, animasi dan sebagainya, namun jangan khawatir settingan ini tidak mengganggu kinerja program lain, bahkan dapat mempercepat kinerja program.

Klik start -> Klik kanan pada Computer -> dilanjutkan dengan pilih properties -> akan muncul tampilan window -> pilih menu “advanced system settings” ->  pada tab “Advanced” klik setting pada “performance” ->
Mengurangi Efek Tampilan Windows 7 - cara mempercepat laptop windows 7
Mengurangi Efek Tampilan Windows 7 - cara mempercepat laptop windows 7


Pada bagian visual effects pilih “adjust for best performance”

6. Auto Minimize
Minimize juga dapat mempengaruhi 10 persen kecepatan, fungsi dari auto minimize adalah ketika suatu program berjalan, namun tidak digunakan atau tidak dalam proses, maka akan di minimize secara otomatis, sehingga task usage tidak selalu tinggi dan laptop pun tidak terlalu panas karena bekerja penuh.
Caranya :
  • Klik start -> ketikkan “gpedit.msc” tanpa  tanda petik
  • Akan muncul window local group policy -> klik user configuration -> klik bagian administrative template -> klik desktop -> setelah itu klik window bagian kanan dilanjutkan dengan klik dua kali di “turn off aero shake windows minimizing mouse gesture _-> jika sudah pilih enable dan klik OK.
Auto Minimize Bagus Untuk Performa Laptop - cara mempercepat laptop windows 7
Auto Minimize Bagus Untuk Performa Laptop - cara mempercepat laptop windows 7

7.  Tweaking Windows 7 Yang Aman
Tweaking adalah configurasi tambahan untuk mempercepat kinerja prosesor dan memory secara langsung, namun aman tentunya karena pada settingan berikut tidak mempekerjakan prosesor dan memory secara UP full speed, namun standar speed

[1] Buka Start -> ketik Msconfig lalu tekan enter
[2] Pilih Tab “Boot” -> Pilih sistem operasi windows 7 -> klik advanced options -> muncul Boot Advance Option , maksud dari pengisian muber of prosesor adalah berapa prosesor yang dibutuhkan saat memasuki  windows jadi isilah dua (2 core prosesor), ingat jangan terlalu banyak, karena settingan pada caralaptop adalah standar bukan FULL Speed tapi berbahaya

Core Prosesor Untuk Boot - cara mempercepat laptop windows 7
Core Prosesor Untuk Boot - cara mempercepat laptop windows 7

0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^