Minggu, 12 Juni 2016

Cara Install Laptop Dengan Flashdisk Lengkap Tanpa Abal

Siapa bilang cara install laptop dengan flashdisk itu sulit ? mudah kok, memang dari beberapa situs lain lupa menyertakan download link untuk bahan – bahan yang akan digunakan instalasi, maka dari itulah sebagian dari mereka tidak ingin mencobannya.

Cara Install Laptop Dengan Flashdisk
Cara Install Laptop Dengan Flashdisk


Alasan Mengapa Install Laptop Dengan Flashdisk Itu Terkadang Penting ?

1. Laptop tidak ada CDROM. Inilah alasan teratas sebagian orang menggunakan instalasi laptop menggunakan flashdisk, karena laptop dengan harga terjangkau terkadang tidak ada CDROM, lantas bagaimana dengan netbook / laptop mini, jelas tidak ada fasilitas CD ROM.


2. Mudah Digunakan. Banyak testimoni dari teknisi maupun masyarakat, flashdisk lebih enak dipakai buat install windows karena selain mudah dipakai juga sangat cepat dalam proses instalasi windows.


3. Tahan Goresan. CD Piringan memiliki kelamahan utama yaitu CD tergores saja terkadang dalam proses instalasinya gagal, benar bukan? Bila install menggunakan flashdisk, tidak ada kata “Tergores” namun yang menyebabkan proses instalasi gagal pada flashdisk di antaranya adalah filenya rusak entah itu kena virus ataupun lainnya.


Langkah Install Laptop Dengan Flashdisk, Mudah, Lengkap dengan Bahan – Bahannya Hanya 10 Tahap Saja

Contoh install laptop pada kasus ini saya menggunakan sistem operasi “Windows 7” bagi anda yang ingin menginstall selain windows 7 silahkan cari file sistem operasi lainnya, dan caranya pun sama seperti dibawah ini.


1. Download Dahulu Sistem Operasinya, pada tutorial kali ini saya menggunakan windows 7, karena laptop sangat ringan bila di install windows ini, terutama buat kantoran maupun buat para gamers. Silahkan download windows 7 di http://softlay.net/operating-system/windows-7-ultimate-full-version-free-download-iso-32-64-bit.html


2. Download Power Iso
Fungsi power iso ini adalah untuk membaca file berekstensi *.iso atau lebih mudahnya untuk membaca file iso yang anda download pada bahan nomer 1.
Download file iso : http://www.poweriso.com/download.php


3. Download WinToFlash
Wintoflash adalah program yang digunakan untuk menjadikan flashdisk anda terisi sistem operasi mentah, sehingga nantinya flashdisk ini akan digunakan sebagai metode install ulang laptop / komputer anda.
Download di http://filehippo.com/download_wintoflash/


4. Setelah download power iso, silahkan install program tersebut, Bila program tersebut trial juga tidak masalah, setelah selesai install ulang restart laptop anda.


5. Buka Power Iso, Lalu Setting Drive 1, fungsi drive digunakan tempat untuk membaca file iso, karena file yang kita baca hanya satu saja windows7.iso maka sediakan satu tempat saja.
Caranya klik mount -> Set Number Of  Drives -> 1 Drive
Setting Drives - cara install laptop dengan flashdisk
Setting Drives - cara install laptop dengan flashdisk


6. Sudah Selesai, langkah selanjutnya adalah membaca file windows 7 yang telah anda download tadi, caranya sebagai berikut :
Klik kanan file *.iso -> Arahkan Ke Power Iso -> Klik Mount Image to Drive .........
Mount Image Windows 7  - cara install laptop dengan flashdisk
Mount Image Windows 7  - cara install laptop dengan flashdisk


7. Jalankan Program WinToFlash
Kalau masih di rar/zip ekstrak saja, lalu jalankan file “Win To Flash.exe” dan klik saja next – next hingga tampilannya seperti dibawah ini.

Jalankan WinToFlash  - cara install laptop dengan flashdisk
Jalankan WinToFlash  - cara install laptop dengan flashdisk



8. Langkah Selanjutnya ..
  • Klik Windwos Setup Transfer Wizard
  • Isi Windows File Path -> Sesuai Dengan Drive Yang Di Mount (Gambar diatas) (atau cek di windows explorer, mana drive yang terdapat file instalasi windows)
File Windows 7  - cara install laptop dengan flashdisk
File Windows 7  - cara install laptop dengan flashdisk
  • USB Drive -> Pilih Lokasi Flashdisk Anda

Setelah keduanya terisi silahkan klik Next, Bila ada tulisan Continue silahkan klik saja, tunggu hingga proses bootable flashdisk selesai hingga 100%


9. Setelah Selesai 100%,
  • Klik Exit dan Tancapkan flashdisk di Laptop yang akan anda install.
  • Restart laptop dan masuk ke BIOS (cara masuk bios bisa menekan DEL, F2, dll, tergantung merk laptop)
  • Rubah Booting pertama menjadi flashdisk (contoh tampilan bios laptop saya dibawah, bisa berbeda dengan anda, bila tidak bisa silahkan tanyakan saja ke teman – teman IT cara setting booting melalui flashdisk, atau bisa komentar dibawah ini dengan menyertakan foto nanti kami bantu)
Bios  - cara install laptop dengan flashdisk
Bios  - cara install laptop dengan flashdisk


10. Proses Instalasi Dimulai, Lakukan Install Windows 7 Seperti Biasanya

0 komentar

Poskan Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^