Selasa, 22 November 2016

Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet

Cara merangkai komputer untuk warnet memang sangat berbeda dengan apa yang Anda lakukan untuk membangun personal komputer di rumah. Lantas apa yang membedakannya ? Banyak sekali yang harus anda persiapkan dahulu seperti panjang kabel LAN, voltase yang dibutuhkan dan sebagainya.

Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet

Sebagai seorang gamers tentu akan merasakan lebih nyaman bermain game di warnet karena koneksinya lebih cepat, banyak teman, dan dapat bermain bersama clan war mereka. Harganya yang ditawarkan pun sangat murah yaitu 3.000 hingga 20.000 rupiah saja. Namun bagaimana dengan yang sudah memiliki dana dan ingin membangun warnet sendiri? Apa yang harus dipersiapkan?


2 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Merangkai Komputer Untuk Warnet

Nah kali ini saya akan menshare bagaimana cara merangkai komputer khusus untuk warnet, karena pada prinsipnya komputer warnet online game sangat berbeda dengan komputer rental pada umumnya berikut ini :


1. Meja Sekat (skat) Atau Terbuka
Nah tahukah anda mengapa banyak warnet yang tutup karena kesalahan yang sangat simple ini? Mungkin ini kesalahan dalam menerapkan pembangunan sebuah warnet yang fatal, meja skat akan lebih disukai oleh client yang hanya browsing, ngetik, youtube, music dan sebagainya sedangkan meja terbuka (open tanpa halangan) akan lebih disukai oleh kalangan gamers. Hal ini dikarenakan gamers selalu ingin melihat rekan timnya yang main disebelahnya, dan mudah dalam melakukan pembicaraan. Gimana game akan berlangsung seru dengan teman kalau di tutupi dengan skat ? Inilah menjadi kesalahan konsep.

Memilih Skat Meja - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Memilih Skat Meja - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet



2. Koneksi Cepat
Sesudah menentukan desain, anda harus memikirkan paketan ISP yang anda pilih. Salah satu yang paling dominan di pakai adalah Speedy namun di tahun akhir tahun 2016 ini Speedy mulai kalah saing karena perpindahan kebijakan yaitu berbasis Kuota. Banyak konsumen / pemilik warnet yang beralih ke MNC karena unlimited dan memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan dengan Speedy . Sebaiknya anda menyesuaikan budget anda sebelum memilih ISP telekomunikasi, namun saya sarankan untuk beralih ke MNC karena lebih murah.

Koneksi Cepat - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Koneksi Cepat - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet




7 Cara Memilih Komponen Komputer Untuk Warnet


Dalam hal ini anda harus memperhatikan betul komputer model gaming , karena semua gamers akan memberikan testimoni kepada teman lainnya melalui komputer yang mereka rasakan. Bila komputernya terlihat jadul, lambat processing-nya akan berdampak negatif pada testimoni ke teman gamersnya. Berikut ini 7 hal yang anda harus perhatikan :


1. Prosesor AMD vs Intel
Memang ini menjadi sebuah perdebatan tersendiri, namun saya bekas teknisi dari cv mitra sejahtera malang BMT net akan memberikan sebuah perbedaan antara AMD dan Intel. Memang dari kedua sisi AMD dan intel memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing yang perlu anda bandingkan diantaranya :


Prosesor Intel :
- Prosesor intel memiliki kelebihan dalam mengatur suhu agar tetap stabil yang berdampak pada keawetan perangkat tersebut. bila terjadi panas pada prosesor intel akan mengurangi beban kinerja sementara waktu agar suhu prosesor kembali stabil. Dampak utama ini dapat anda rasakan komputer menjadi hang / lambat sementara waktu.

- Prosesor intel memiliki dukungan grafis kepada VGA cukup sedikit, bila anda seorang desainer akan mengetahui perbedaannya namun untuk kalangan pengguna biasa akan sulit dijelaskan.
 
- Lambat untuk digunakan sebuah program atau game yang membutuhkan processing besar, untuk menyikapi ini anda harus memilih prosesor intel yang benar benar memiliki spesifikasi tinggi.

Prosesor AMD :

- Prosesor AMD berbeda dengan intel, suhu prosesor AMD cenderung lebih panas bahkan bila beban kinerja yang membutuhkan processing tinggi pun akan tetap stabil. Kelemahan prosesor AMD sudah lama dikenal banyak orang maupun toko spart part yaitu panas, bila anda tidak menyikapi prosesor AMD dengan fan / kipas ,  pemeliharaan pasta yang benar akan berdampak cepat rusak.

- Prosesor AMD memiliki keunggulan dukungan Grafis yang tinggi biasanya aplikasi berbasis 64 bit akan lebih lancar dijalankan.

- Cepat digunakan untuk menjalankan sebauh program atau game yang membutuhkan processing yang cukup besar. Meskipun ukuran Hz pada prosesor tidak terlalu besar.

Nah inilah perbedaan yang paling mencolok, bagaimana pilihan anda? Bila saya sarankan gunakan prosesor AMD karena lebih dominan lancar digunakan di gaming. Namun untuk intel lancar di gaming harus membutuhkan kekuatan Hz (Hertz) yang cukup besar dan dijamin awet. Untuk AMD perawatan minimal 1 bulan sekali untuk mengganti pasta sekaligus membersihkan fan.

AMD atau Intel - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
AMD atau Intel - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet


2. RAM Memory
Nah inilah yang sering kali dipertanyakan? Berapa sih memory yang digunakan untuk game CPU warnet? Biasanya pemilik warnet akan memberikan RAM minimal 4GB karena memori 4GB sudah membuat permainan berat seperti Dota, Age of Legends, Fifa Online Lebih lancar sedangkan untuk kapasitas memori 2GB biasanya hanya untuk game ringan yang biasa digunakan anak – anak bermain seperti Lost saga, dan Point Blank.

Lantas untuk tipe memory RAM pada motherboardnya mana yang lebih bagus? Jelas dong semakin maju semakin cepat pula kinerjanya. Tapi anda bisa memakai DDR2 saja untuk warnet yang standar dan lancar tapi untuk warnet yang berkelas seperti Flux Malang tidak mungkin motherboardnya berkelas DDR2 dan harus DDR3 ataupun lebih keatas

Ram Besar - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Ram Besar - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet


3. Memilih Monitor
Nah inilah yang menjadi pelanggan anda mulai sepi, rata – rata gamers selalu memandang awal dari monitornya semakin besar maka semakin pula di sukainya dan yang terpenting adalah monitor LCD flat. Bila anda menggunakan monitor CRT sebaiknya jangan mengharapkan client anda rame.

Monitor - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Monitor Flat - Cara Merangkit Komputer Untuk Warnet


Lantas bagaimana cara memilih monitor gaming yang baik? Sudah jelas, pilih saja yang lebar dijamin pasti semua orang bakal terkesan dengan warnet anda. Bila bingung berapa inchi, silahkan saja beli yang berukuran 23 inchi, semakin besar semakin baik untuk komputer gaming. Untuk client yang pengetikan bisa dipasangkan dengan monitor yang biasa – biasa saja, tidak perlu lebar ataupun mewah karena fungsinya untuk browsing dan mengetik saja.

4. VGA / Grafis Tinggi
VGA atau kartu grafis bila anda menggunakan untuk merangkai komputer untuk warnet, pilihlah yang memiliki Bit dan memory VGA yang paling besar. Mengapa VGA anda harus perhatikan lebih? Karena bila tidak client anda akan mengganggap komputer warnet lemot dan kecewa. Beberapa game mungkin terkesan lancar, namun setelah di tengah – tengah war seperti game DOTA akan mengalami patah – patah (lag) yang mengakibatkan client anda pasti marah – marah.

Memilih VGA - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Memilih VGA - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet


Saya sarankan untuk memilih VGA yang seharga minimal 700 ribuan biasanya milik ATI Radeon dan NVIDIA. Namun untuk warnet yang berkelas silahkan pilih VGA yang beharga cukup tinggi. Lantas bagaimana cara mengetahui VGA tersebut untuk game berat atau tidak? Caranya cukup mudah, silahkan tonton video review di youtube dan pastikan anda menilainya. Contoh ketikan kata kunci "Review Ati radeon 7730" di youtube, seperti https://www.youtube.com/watch?v=TVYwehnqWZY


5. Hardisk, Power Supply, Casing
Untuk ketiga komponen ini anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Contoh saja hardisk, bila anda gunakan untuk instalasi game online yang banyak maka gunakan saja hardisk dengan kapasitas besar. Casing juga tidak perlu keren, yang terpenting adalah mesinnya sangat unggul.

Hardisk, Power Supply dan Casing - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Hardisk, Power Supply dan Casing - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet


6. Game Yang Di Install
Untuk mengetahui game apa saja yang populer, silahkan saja mampir di warnet terdekat yang "ramai pemainnya" silahkan lihat dan isi di hardisk anda. Untuk game komputer untuk warnet yang harus ada adalah Dota, Point Blank, Lost Saga Dan Age Of Legends.

Game Yang Wajib Di Install - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Game Yang Wajib Di Install - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet



7. Update Game Juga Harus Diperhatikan
Nah banyak gamers warnet lain yang berpindah di tempat lain, penyebabnya sangat sepele sekali yaitu belum di update terutama pada game Dota. Gamers juga malas menunggu hingga 1 jam paketannya habis karena lama mengupdatenya, untuk mengakali hal ini anda bisa menggunakan layanan cyberindo, untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi situs resminya.

Layanan Game Update Otomatis - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet
Layanan Game Update Otomatis - Cara Merangkai Komputer Untuk Warnet




 Semoga bermanfaat ya dan yang penting silahkan konsultasikan kepada teknisi yang berpengalaman dalam instalasi sehingga rancangan semakin rap. by incaralaptop









0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^