Sabtu, 11 Maret 2017

Cara Melihat Hardware Komputer Spesifikasi Lengkap Dengan Speccy

Cara meliihat spesifikasi hardware komputer ataupun laptop sebenarnya sangat mudah, tanpa membongkar ataupun membuka segel. Banyak kepentingan mengetahui spesifikasi diantaranya seperti :
  1. Mengetahui spesifikasi laptop yang sebenarnya, karena pada saat ini merk dengan tipe yang sama belum tentu memiliki spesifikasi sama. Banyak oknum yang menjual barang Black Market atau dikenal dengan istilah barang BM membuat keuntungan yang berlipat lipat dengan menipu konsumennya.
  2. Mengetahui spesifikasi laptop untuk menginstall aplikasi gaming ataupun aplikasi pekerjaan.
  3. Keperluan upgrade
Dan masih banyak lagi sebenarnya, yang paling penting adalah point nomor 2 karena sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana system requirement sofware yang diperlukan, agar software yang kita install tidak menyebabkan hang, dan crash software seperti gambar dibawah ini :

Cara Melihat Hardware Komputer Spesifikasi Lengkap Dengan Speccy
Cara Melihat Hardware Komputer Spesifikasi Lengkap Dengan Speccy



Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop / Komputer Dengan Software Speccy


Apa itu Speccy? Apa kelebihannya ? dan apakah lengkap dan akurat?
Speccy merupakan software utility yang berguna untuk melihat spesifikasi komputer dari motherboard, memory, VGA dan masih banyak lagi dengan data yang ditampilkan secara lengkap dan memiliki detail yang mudah dibaca.


Nah bagi anda yang takut setiap program utility sangat berat, Speccy sangat berbeda sekali. Ukuran instalasinya pun hanya 6 MB saja, bahkan lebih kecil dari pada ukuran movie di laptop anda. Speecy juga menghadirkan 2 jenis yaitu gratis dan berbayar (PRO), untuk yang berbayar memang memiliki kelebihan sendiri seperti mengetahui suhu, temperatur dan masih banyak lagi.


Kalau saya sarankan yang free saja karena tujuan utamanya adalah mengetahui spesifikasi laptop, dan merk merk komponen yang didalamnya. Untuk mengunduhnya silahkan mengunjungi  http://filehippo.com/download_speccy


Cara Install Speccy Bagaimana ?

Saya yakin, diantara kalian pasti mengetahui caranya walaupun belum pernah menginstallnya. Cara yang paling mudah adalah klik file *.exe lalu tekan Next terus hingga proses instalasi selesai. Namun bagi yang tidak tahu caranya berikut ini langkahnya :
1. Buka file mentahnya Speccy
2. Klik 2x
3. Muncul tampilan di bawah ini, tekan tombol “Next”

Langkah 1 - Cara Melihat Hardware Komputer Spesifikasi Lengkap Dengan Speccy
Langkah 1 - Cara Melihat Hardware Komputer Spesifikasi Lengkap Dengan Speccy


4. Muncul tampilan kedua, tekan “Install” dan tunggu proses instalasi selesai.

Langkah 2 - Cara Melihat Hardware Komputer Spesifikasi Lengkap Dengan Speccy
Langkah 2 - Cara Melihat Hardware Komputer Spesifikasi Lengkap Dengan Speccy



Lalu Bagaimana Cara Menggunakan Speccy Untuk Melihat Spesifikasinya ?

 
Tentu caranya mudah kok, speccy dibuat dengan kemudahan tampilan yang user friendly mudah dibaca dan lengkap sekali. Silahkan buka aplikasi tersebut dan akan ditampilkan tampilan seperti ini :

Tampilan Speccy
Tampilan Speccy


Banyak menu menu di sebelah kiri, silahkan di klik saja untuk mengetahui spesifikasi dan detail hardware yang tertancap di komputer ataupun laptop anda. Untuk menu kesimpulannya dari seluruh hardware dari sistem operasinya, memory, motherboard, prosesor dan lainnya silahkan klik “Summary”.



Kesimpulan :

Dengan mengetahui spesifikasi komputer terutama jenis laptop, anda dapat terbebas dari pemalsuan barang barang Black Market. Anda juga tidak perlu malu sebagai pembeli, silahkan minta saja pada pihak penjual untuk melakukan instalasi software ini dengan alasan untuk mengetahui spesifikasi detail yang saya butuhkan.

Bagi gamers, juga memberikan manfaat karena pada saat ini produksi gaming selalu update dan berkembang. Salah salah menginstall gaming yang memiliki persyaratan spesifikasi melebihi laptop anda, sehingga membuat game tidak dapat berjalan lancar dan mengakibatkan blue screen. Sekian semoga bermanfaat, salam by incaralaptop

0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^