Rabu, 14 September 2016

8 Aplikasi Laptop Yang Wajib Di Install Khusus Teknisi Komputer

Aplikasi laptop yang wajib di install oleh teknisi komputer memang membingungkan, terlebih lagi bila seorang teknisi tersebut menghadapi perkembangan software yang begitu cepat. Laptop / komputer memiliki beragam aplikasi standar yang harus di pasang agar dapat berjalan sesuai semestinya.


Banyak alasan seseorang teknisi melakukan install ulang sistem operasinya, ada yang dikarenakan terkena virus, lambat, terlalu banyak program aplikasi yang di install dan ada juga yang corrupt. Setidaknya sebelum teknisi itu memperbaiki masalah tersebut, diwajibkan memiliki aplikasi yang di install sesudahnya, diantaranya:

1. Driver

Sebaiknya setelah anda melakukan install ulang sistem operasi, lakukan install driver laptop / komputer, agar komponen yang terpasang pada motherboard dapat berjalan dengan semestinya. CD Driver biasa disediakan oleh produsen ketika anda membeli perangkat laptop / komputer, namun bila mengalami hilang dapat mencari di internet atau dapat menggunakan driver otomatis, salah satunya yang paling terkenal adalah DriverPack Solution.

Driver Pack Solutin - aplikasi laptop yang wajib di install
Driver Pack Solutin - aplikasi laptop yang wajib di install


Download saja  di : http://file.download.id/driverpack_DOWNLOAD.ID.iso

Besar ukuran file : 1,6 GB dan ingat jangan menggunakan Driver Pack Solution online yang berkisar ukuran file 1 – 2 MB karena dapat menyebabkan berbagai kendala.

2. Google Chrome

Mengapa saya sarankan google chrome? Aplikasi/software tersebut memiliki keunggulan diantara browser – browser lainnya. Dengan menginstall Google Chrome, anda tidak perlu lagi memasang plugin flash dan mengupdatenya. Plugin flash biasanya digunakan untuk memutar youtube, animasi dan video streaming lainnya, berbeda dengan mozilla yang harus repot – repot menginstall flash dan mengupdate siap pekan tertentu.

Google Chrome  - aplikasi laptop yang wajib di install
Google Chrome  - aplikasi laptop yang wajib di install
Download saja  di https://www.google.com/chrome/


3. Power Iso

Power iso merupakan aplikasi / program yang digunakan untuk membaca file image (*iso, daa, dll), bila anda kebingungan mengapa point no satu “Driver Pack Solutin” tidak bisa di baca atau di putar filenya? Hal ini dikarenakan file tersebut hanya bisa di baca oleh program read image salah satunya power iso

Power ISO  - aplikasi laptop yang wajib di install
Power ISO  - aplikasi laptop yang wajib di install

 Download di : www.poweriso.com/download.php, pakai saja trial karena hanya sekedar membaca saja dan tidak digunakan untuk jangka panjang.


4. IzArc atau Winrar

Terserah mau menggunakan winrar atau IzArc, karena keduanya adalah aplikasi extract file yang cukup bagus, namun saya rekomendasikan IzArc karena ada beberapa fitur lebih dibandingkan dengan winrar

Izarc  - aplikasi laptop yang wajib di install
Izarc  - aplikasi laptop yang wajib di install

Download Saja di : https://www.izarc.org/downloads


5. Microsoft Office

Aplikasi laptop yang wajib di install oleh teknisi komputer adalah microsoft word, excel, power point dan lain – lain. Maka dari itu jangan sampai kelewatan karena aplikasi tersebut sangat penting bagi kalangan manapun baik orang kantor, pelajar, maupun para gaming.

Microsoft  Office  - aplikasi laptop yang wajib di install
Microsoft  Office  - aplikasi laptop yang wajib di install

Silahkan baca selengkapnya di : http://www.mandrivea.com/2014/06/download-disini-office-2010-pro-32-and.html


6. Antivirus

Memilih antivirus juga jangan sembarangan, sebagai seorang teknisi harus mengetahui testimoni setiap antivirus yang terkenal. Meski AVG banyak digunakan, namun menurut saya sangat membahayakan diantaranya dapat menghapus file sistem windows bila terjadi kesalahan kecil. Dampak AVG juga banyak seperti rusaknya windows, program dan menyebabkan file hilang secara tiba – tiba.

Avast  - aplikasi laptop yang wajib di install
Avast  - aplikasi laptop yang wajib di install

Saya menyarankan untuk menggunakan antivirus yang aman dan gratis salah satunya adalah Avast, yang sudah lama saya pakai untuk menginstall  ulang laptop pasien selama 5 tahun lebih.
Download di : https://www.avast.com/id-id/index


7. Winamp

Winamp juga sangat dibutuhkan pada laptop pasien, karena mereka banyak yang mengenal program ini dibandingkan dengan program lain. Aplikasi winamp memang gratis dan penggunaannya pun sangat mudah.


Anda dapat mencari winamp di filehippo.com/download_winamp/

8. Remove WAT

Adalah aplikasi yang sangat dibutuhkan bagi kalangan teknisi, silahkan baca selengkapnya di http://raja-orakarik.blogspot.co.id/2014/03/cara-aktivasi-windows-7-menggunakan.html


Itulah aplikasi yang wajib anda install, agar laptop atau komputer yang anda berikan ke pasien merasa puas dan nyaman. Kami hanya menyarankan aplikasi yang penting – penting saja berdasarkan pengalaman penulis yang sudah bertahun – tahun menjadi teknisi.

0 komentar

Posting Komentar

Jangan Nyepam ya Gan ~ ^.^